Bonsai Duranta

Diposting pada

Bonsai Duranta – Bila sekarang ini Anda berkemauan untuk menanam bonsai, karena itu bonsai duranta menjadi opsi yang paling cocok. Langkah penanaman yang gampang dan proses perawatannya yang simpel pasti tidak menyusahkan si empunya.

Di Indonesia, tanaman bonsai duranta yang mempunyai nama ilmiah Duranta Erecta L ini lebih dekat dengan panggilan sinyo nakal atau anak nakal. Pohon duranta atau sinyo nakal ialah spesies tanaman dari keluarga Verbenaceae yang umum dipakai sebagai elemen taman atau pagar hidup.

Pengertian Bonsai Duranta

Bonsai Duranta
Bonsai Duranta

Untuk beberapa orang, nama pohon duranta kemungkinan kedengar asing. Walau sebenarnya, pohon ini lebih banyak ada di perkebunan, di semak ilalang, bahkan juga di tepi jalan. Saat berbuah dan berbunga, pohon ini kelihatan menonjol dan berlainan dengan pohon yang lain.

Duranta menjadi opsi sebagai tipe tanaman bonsai liar yang jadi tanaman hias sebagai mempercantik pelataran rumah Anda. Tidak kalah elok seperti bonsai lantana, bonsai serut, dan tipe bonsai yang lain.

Untuk pahami lebih dalam mengenai bonsai duranta, berikut kami berikan deskripsi pohon duranta atau sinyo nakal, harga bonsai duranta, bonsai duranta juara, dan manfaatnya. Baca keterangan berikut ini ya!!

1. Karakteristik Bonsai Duranta

Sinyo Nakal ialah tipe tanaman yang komunitasnya gampang ditemui nyaris di semua daerah di Indonesia, baik itu sebagai tanaman hias atau cuman untuk pagar di pelataran rumah. Tumbuhan ini bisa tumbuh di beberapa tipe tanah dari daratan rendah dekat pantai sampai pegunungan, di ketinggian 5-2.000 m dpl.

Sinyo Nakal mempunyai nama ilmiah Duranta Erecta.Sinyo nakal ini sebagai tanaman perdu tahunan yang tumbuh dengan tegak dengan ketinggian yang biasa ditemui di antara 1-3 mtr. (ada yang dapat di atas 5 mtr. tegak tingginya), wujud batangnya bundar, percabangannya rapat, kasar dan mempunyai warna putih kehijauan.

2. Pohon Duranta

Pohon Duranta datang dari wilayah Amerika tengah yang selanjutnya menebar ke sejumlah negara beriklim tropis, terhitung Indonesia. Di sejumlah tempat seperti Australia, Afrika Selatan, dan Oceana, tanaman ini jadi spesies agresif atau gulma.

Untuk dipahami, jika, perkembangan pohon duranta membuat perdu tahunan atau semak dengan tinggi dapat capai 4-6 mtr.. Karena itu berikut yang sering disebutkan salah satunya tipe tanaman liar di Indonesia jadi bonsai.

Pohon duranta mempunyai beberapa kultivar berbentuk tanaman pemisah atau tanaman pagar. Kultivar ialah hasil penyeleksian satu kelompok tumbuhan yang mempunyai ciri-ciri unik dan ketidaksamaan dengan barisan yang lain.

Kultivar dari duranta atau sinyo nakal yakni duranta erecta alba, sapphire showers, variegeta, aurea, gold mound, aussie gold, dan geisha girl.

Pohon duranta yang berumur tua mempunyai duri-duri kecil yang tidak tumbuh saat pohon ini masih terbilang muda.

3. Bonsai Duranta Juara

Pohon duranta yang jadi bonsai mempunyai kekhasan yang mencolok di bagian bunga dan buahnya. Bunganya berada pada bagian tangkai dan tumbuh bergerombol dengan warna lavender atau biru muda. Bunga-bunga ini bermekaran nyaris selama setahun.

Dan buahnya mempunyai kulit yang sedikit lunak dan memiliki kandungan beberapa biji yang keras. Buahnya berupa bundar kecil berdiameter sekitaran 5-8 mm. Saat masih terbilang muda, buahnya akan warna hijau dan saat mulai tua, buahnya berbeda warna jadi orange atau kuning.

Dalam pada itu, daun bonsai duranta warna kuning atau hijau, bergantung pada tipe spesies dan situasi keadaan tempat dia tumbuh. Daunnya condong berupa oval sama ukuran sekitaran panjang 7.5 cm dan lebar 3.5 cm dan cukup bergelombang pada bagian pinggirnya.

Langkah menanam bonsai duranta juara dapat disebutkan lumayan gampang. Salah satunya langkah yang bisa Anda kerjakan ialah stek tangkai. Tempat tanam yang dipakai ialah tanah yang condong lembab dan kering.

Untuk langkah perawatannya lumayan gampang. Tanaman ini membutuhkan penyiraman yang cukup dan pemupukan dasar bonsai seperlunya. Namun, langkah pemupukan bonsai harus Anda ketahui.

Ingat, tanaman ini tidak tolerir pada temperatur dingin atau embun beku. Bonsai duranta juara akan tumbuh subur bila mendapatkan penerangan matahari yang cocok.

Bonsai duranta juara tidak memerlukan perhatian terlampau detil supaya bisa tumbuh secara baik. Tetapi, satu perihal yang harus tetap jadi perhatian ialah pemotongan.

Anda harus teratur memotong daun-daunnya agar masih tetap rapi ingat perkembangan daunnya yang cepat dan dapat membuat semak.

Harga Bonsai Duranta

Bicara mengenai harga bonsai seperti tidak ada selesainya. Perlu kita kenali jika bonsai sebagai salah satunya tanaman yang mempunyai seni dan kekhasan tertentu. Seperti misalnya saja bonsai kelapa dan bonsai serut. Tidaklah aneh rasa-rasanya bila tiap tipe bonsai mempunyai harga yang berbeda.

Demikian juga pada harga bonsai duranta. Harga bahan bonsai, dan bonsai durata yang telah tumbuh pasti tidak bisa dipersamakan. Untuk harga bahan bonsai durata sekitar di antara Rp 25.000,00 – Rp 600.000,00. Dan untuk harga bonsai durata juara yang telah tumbuh sekitar di antara Rp 800.000,00 – Rp 2.000.000,00.

  • Simak : Pengertian Bonsai Sikas Cendrawasih dan Karakteristiknya

Agar semakin detilnya, Anda bisa menyaksikan beragam mode bonsai duranta dan harga pada beberapa marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, dan lain-lain. Secara umum, harga tiap toko akan berbeda. Ini karena harga bonsai bergantung pada kualitas dan seni bonsai tersebut.

Itu keterangan ringkas dari BonsaiKita.com mengenai bonsai duranta atau sinyo nakal. Dimulai dari gambaran singkat pohon duranta, harga, perbedaan sinyo nakal, panduan perawatan dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *