Bonsai Dolar

Bonsai Dolar

Diposting pada

Bonsai Dolar – Terdapat beberapa jenis tanaman yang cocok dan menarik untuk dijadikan bonsai, salah satu yang paling populer adalah bonsai dolar atau bonsai beringin dolar. Dolar merupakan jenis tanaman yang awalnya banyak tumbuh di daerah pegunungan.

Awalnya jenis tanaman ini cukup sulit ditemukan, namun sering perkembangannya semakin mudah untuk ditemukan di berbagai daerah di dunia. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik sehingga sangat indah jika dibuat menjadi bonsai.

Pemahaman Bonsai Dolar

(Foto : Pinterest)

Beringin dolar sendiri merupakan tanaman spesies F, benjamina yang tumbuh di wilayah pegunungan. Awalannya bentuk tanaman ini diketemukan di Pulau Marshall. Saat itu, cuman ada satu pohon beringin dolar yang tumbuh dalam suatu dusun. Selanjutnya lama-lama berkembang dan ditanamkan di beberapa wilayah dalam dunia.

Indonesia terhitung yang banyak mempunyai bonsai dolar. Banyak orang Indonesia menyebutkan tanaman ini dengan kayu ara. Istilah ilmiahnya sendiri ialah Ficus sp., atau yang disebutkan dengan fig trees. Biasanya tanaman ini digunakan oleh orang di Kalimantan Barat untuk digunakan kayunya. Lama-lama pohon ini juga makin menambah orang tertarik untuk dijadikan bonsai dolar.

Persiapan Membuat Bonsai Dolar

(Foto : Pinterest)

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuat bonsai dari tanaman dolar. Bagian kayunya yang menarik membuat banyak orang sering memanfaatkannya dalam seni bonsai.

  • Baca Juga : Jenis 27 Jenis Bonsai Terbaik

Sebelum memulai proses pembuatan, siapkan beberapa bahan dan alat seperti lumut, pot kecil, bibit, gunting, arang, tanah, air dan semprotan. Setelah mempersiapkan hal tersebut, simaklah rangkuman bonsaikita.com terkait cara pembuatannya sebagai berikut.

1. Penanaman Bakal Dolar

Proses pembuatan diawali dengan penanaman bakal dolar yang nantinya akan dijadikan sebagai bonsai. Isi separuh pot dengan menggunakan tanah, kemudian masukkan bibit ke dalamnya.

2. Bibit Terbaik

Gunakan bibit yang sudah memiliki akar sehingga tanaman bisa cepat tumbuh. Keluarkan bibit dengan hati-hati, usahakan jangan sampai akarnya rusak.

3. Penimbunan Bibit

Timbun bibit tersebut dengan tanah, jangan kubur terlalu dalam. Tambahkan sedikit arang pada bagian atasnya agar dolar bisa tumbuh dengan lebih baik.

4. Siapkan Lumut

Untuk mempercantik tampilan bonsai Anda bisa menanam lumut di bagian atas media tanam. Selain memperindah, lumut digunakan untuk menyuburkan media tanam yang digunakan.

5. Media Tanah

Gunakan media tanah yang memiliki tekstur padat dengan unsur hara yang rendah. Hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan nutrisi makanan yang diberikan pada dolar bisa lebih seimbang dan tidak berlebihan.

6. Perhatikan Nutrisi

Kelebihan nutrisi bisa menyebabkan pembentukan yang berlebihan, khususnya pada bagian batang. Anda perlu memperhatikan kandungan nutrisinya agar dolar bisa tumbuh sehat dan bagus.

Cara Perawatan Serta Pembentukan Bonsai Dolar

(Foto : Pinterest)

Setelah memahami fase awal penanaman bonsai, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cara perawatannya.

  • Simak : Karakteristik Bonsai Kamboja Jepang

Seni bonsai membutuhkan ketelatenan dan kecermatan sehingga prosesnya harus dilakukan secara bertahap dan tidak bisa terburu-buru. Berikut proses perawatan serta pembentukan bonsai yang bisa Anda terapkan.

  • Agar bisa membentuk bonsai sesuai dengan keinginan, Anda bisa menggunakan kawat stainless. Gunakan kawat dengan diameter sekitar 3 mm agar lebih mudah dibentuk.
  • Fungsi utama dari kawat tersebut adalah membentuk dahan ke dalam pola tertentu yang diinginkan. Jangka waktu pemasangan kawat bisa cukup lama hingga bonsai tumbuh dengan lebih kuat.
  • Kawat tersebut akan memberikan arahan pada pola perkembangan bonsai sehingga dapat mengikuti pola yang sudah Anda tentukan. Cara pemasangannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu melilitkan kawat secara melingkar dari pangkal dahan ke bagian ujung dahan.
  • Proses pelilitan harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa membuat dahan menjadi patah. Untuk memudahkan proses pelilitan, Anda bisa menggunakan tang.
  • Saat kawat dilepas nanti, akan tertinggal bekas lilitan pada bagian dahan. Hal tersebutlah yang membuat tampilan dahan menjadi lebih menarik dan unik.
  • Untuk proses pemeliharaan, Anda perlu memberikan pupuk secara berkala pada tanaman bonsai. Bukan hanya untuk memicu perkembangannya saja, pupuk juga berfungsi untuk menjaga kesehatan bonsai dari serangan hama atau penyakit.
  • Pilihlah pupuk yang memiliki kandungan nitrogen, potassium dan nitrogen agar dapat menutrisi bonsai secara maksimal.
  • Berikan pupuk secara bijak jangan terlalu berlebihan, karena hal tersebut dapat menyebabkan tumbuhan berkembang terlalu cepat. Padahal dalam seni bonsai Anda menginginkan konsep tanaman kerdil yang menarik.
  • Lakukan pemangkasan secara rutin pada bagian dahan tanaman dolar. Buang bagian dahan yang terlihat kering atau tidak sesuai dengan pola model yang diinginkan.
  • Proses pemangkasan harus dilakukan secara bertahap sambil mengikuti pola perkembangan bonsai. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan bonsai yang cantik dan natural.
  • Letakkan bonsai di dalam ruangan agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Untuk meningkatkan daya tariknya, Anda bisa terus memangkas bagian-bagian yang kurang perlu dan membentuk dahan agar lebih unik.

Memahami proses pembuatan dan perawatan bonsai dolar akan memudahkan Anda untuk membudidayakannya sesuai dengan keinginan. Untuk mendapatkan hasil yang menawan dan unik, dibutuhkan ketelatenan dalam tahap pembentukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *