Bonsai Delima Batu

Bonsai Delima Batu

Diposting pada

Bonsai Delima Batu – Delima Batu ialah tanaman perdu atau tanaman rumput-rumputan tetapi mempunyai fisik seperti serut. Delima batu memilki duri yang tajam seperti jeruk kingkit. Delima batu umumnya hidup di wilayah rendah atau tinggi seperti di pegunungan tropis. Mempunyai tangkai dan ranting yang unik dan daun kecil-kecil seperti pohon serut.

Bonsai Delima Batu cukup mudah ditemukan dan didapatkan sebab banyak yang menjualnya secara offline maupun online. Dibalik bentuknya yang lumayan unik, bonsai dari tanaman buah ini ternyata bisa didapatkan dengan harga yang tidak terlalu mahal, lho. Siapa yang tertarik memilikinya?

Pohon Delima Batu cukup ideal untuk dijadikan bonsai karena memiliki sejumlah kelebihan seperti karakter pohonnya yang begitu kuat. Selain itu, pohon ini memiliki cabang dan ranting yang sangat bagus untuk dibentuk menjadi tanaman hias bonsai.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menanam Bonsai Delima Batu

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menanam Bonsai Delima Batu
(Foto : Pinerest)

A . Tentukan Jenis Delima yang Akan Ditanam.

Punica granatum ialah pohon kecil yang seperti belukar. Tipe ini akan tumbuh sampai optimal 2,5 mtr. dan saat musim panas akan berbunga dengan bunganya yang warna oranye. Tipe pohon delima yang kerdil “Nana” akan tumbuh lebih pendek dengan ketinggian optimal 1 mtr. dan sebagai tipe terbaik untuk ditanamkan di pot. Anda pun kemungkinan menyenangi bunga berjumbai yang tumbuh dengan varietas “Beautiful”.

B . Tanam Bonsai Delima dengan Pencangkokan atau Penanaman Bibit.

Anda dapat beli bibit delima di toko bibit tanaman di wilayah Anda. Bila arah Anda untuk dapat mengonsumsi delima hasil panen sendiri, yakinkan untuk beli tipe bibit delima yang hasilkan buah yang dapat dikonsumsi.

Tetapi, bila Anda memiliki rekan yang menanam atau punyai pohon delima, Anda bisa juga mencangkok dari pohon delima itu. Potong dahan pohon itu dengan panjang minimum 25 cm. Tutupi ujung dahan itu hormon perkembangan akar untuk menolong proses perkembangannya.

C . Pilih Tempat yang Terkena Sinar Matahari.

Bonsai delima batu menyukai cahaya matahari dan akan cuman berbuah dengan teratur bila mendapatkan cukup cahaya matahari. Bila Anda tidak memiliki tempat di halaman yang terserang cahaya matahari secara stabil di siang hari, pilih lokasi yang sekurang-kurangnya gelap.

D . Tentukan Tanah dengan Drainase yang Baik.

Bonsai delima batu tidak dapat tumbuh di tanah yang basah (juga dikenal sebagai soggy feet). Tanah yang paling baik untuk perkembangan delima ialah tanah dengan drainase yang bagus atau tanah yang berpasir.

  • Baca Juga : Pengertian, Karakteristik, dan 27 Jenis Bonsai Terbaik

Walau delima tumbuh secara baik di tanah yang memiliki kandungan alkalin, beberapa penanam delima mengatakan jika tanah yang memiliki kandungan sedikit asam ialah tanah yang terbaik untuk delima. Pada umumnya, delima akan tumbuh secara baik di tanah yang jadi tempat mereka tumbuh, sepanjang drainasenya baik.

E . Lindungi Bonsai Delima Batu Dari Angin dan Kelembapan yang Intens.

Tanam pohon delima Anda di lokasi yang kering dan minimal beberapa terlindung dari angin ribut. Jauhi penanaman di tempat yang lembap, gelap atau basah. Ingat-ingatlah jika pohon delima tumbuh di cuaca yang panas dan kering.

6 Jenis Perawatan Khusus untuk Bonsai Delima Batu

(Foto : Pinterest)

Bagi Anda yang terinspirasi untuk membuat bonsai dari pohon buah yang satu ini, maka Anda harus mengetahui beberapa perawatan khusus untuk menunjang pertumbuhan optimal dari bonsai delima batu tersebut. Untuk itu, kita langsung lihat saja yuk rangkuman dari situs bonsaikita.com terkait perawatan apa yang diperlukan.

1. Penempatan Pohon

Bakal bonsai harus diletakkan di area yang mendapatkan cahaya matahari penuh. Ketika suhu di sekitar tanaman sudah mencapai 5 derajat celcius, Anda bisa memindahkannya ke dalam ruangan. Namun, tetap pastikan pohon berada pada tempat yang cerah.

Bonsai ini membutuhkan perawatan lebih ketika musim dingin. Jangan biarkan suhu di sekitar tanaman berada di bawah 3 derajat celcius atau terkena embun yang beku. Selain itu, jangan sampai suhu melebihi 20 derajat celcius.

2. Penyiraman

Bonsai dari pohon delima tidak bisa tahan pada kondisi kekeringan sehingga media tanam harus terus dijaga agar selalu dalam keadaan yang lembab. Siram tanaman secukunya. Anda bisa menambahkan jumlah airnya sedikit jika pohon telah berbunga.

Kurangi jumlah air untuk menyiram ketika musim dingin sebab genangan air tidak baik untuk pertumbuhan pohon tersebut. Pastikan untuk tetap menyemprot tanaman selama musim panas.

3. Pemberian Pupuk

Agar bonsai Delima Batu tumbuh dengan subur dan berbuah, tanaman perlu diberi pupuk dengan kandungan fosfor dan kalium yang tinggi. Ini paling baik dilakukan antara musim semi hingga penghujung musim panas.

Jika Anda ingin menikmati pertumbuhan bonsai yang lebih cepat, Anda bisa menggantinya dengan pupuk biasa dan memangkas bunganya. Sebab setelah itu, cabang-cabangnya akan tumbuh semakin panjang.

4. Pemangkasan

Pemangkasan bisa dilakukan setelah bunga mekar atau ketika musim dingin saat tanaman delima tidak terlalu aktif. Hilangkan bagian kayu yang sudah tua untuk merangsang tumbuhnya bagian tanaman yang baru. Pohon delima bisa tumbuh dengan sangat lebat dan menipis kira-kira 2 bulan sekali saat tumbuh.

Untuk itu, potonglah cabang yang sudah berat pada pertengahan musim panas. Pemangkasan yang dilakukan setelah mekarnya bunga biasanya membuat cabang-cabang tanaman ini tumbuh lebih panjang dan bermunculan di ujung titik-titik tumbuh.

5. Pemindahan Pot

Agar bisa tumbuh dengan optimal, bonsai Delima Batu perlu penggatian pot. Pemindahan pot bisa dilakukan dua tahun sekali, tepatnya pada awal musim semi. Ketika akan melakukan proses pemindahan, Anda harus memperhatikan gerakan pada kuncup bunga dan pengamatan pada pola akar.

6. Perlindungan terhadap Hama dan Penyakit

Tanaman Delima Batu tidak terlepas dari penyakit seperti daun berwarna kuning serta serangan dari sejumlah hama layaknya kutu daun, tungau, laba-laba merah, serta jamur. Pilihlah cara yang aman untuk tanaman dan lingkungan di sekitarnya. Usahakan untuk membasmi hama dengan pestisida alami.

Kesimpulan

(Foto : Pinterest)

Meskipun menjadi salah satu jenis bonsai yang paling mudah ditemukan, namun untuk merawatnya dibutuhkan sejumlah perlakuan khusus agar Bonsai Delima Batu tetap tumbuh dengan baik. Nah, beberapa perawatan yang telah diringkas dari situs bonsaikita.com di atas harus Anda perhatikan jika anda berniat membuat bonsai dari tanaman ini. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *