Bonsai Cendrawasih

Diposting pada

Bonsai Cendrawasih – Agak asing kan apabila terdengar kata bonsai cendrawasih di Indonesia! Namun, tanaman cendrawasih sangat cocok digunakan sebagai hiasan pada tembok-tembok dan dibuat bonsai oleh para penghoby.

Jenis tanaman yang banyak ditemukan di pegunungan tropis dan pinggiran sungai dan sangat menyukai keadaan yang lembab dan berair termasuk dalam keluarga family phyllanthus.

Karakteristik Bonsai Cendrawasih

Bonsai Cendrawasih

Nama lain dari bonsai cendrawasih ini ialah Phyllanthus myrtifolius yang berasal dari negara Sri Lanka. Masyarakat Sri Lanka sangat memanfaatkan tanaman ini untuk hiasan rumah.

Pada pembahasan ini kali kamu akan ketahui mengenai beberapa ciri Bonsai cendrawasih. Tanaman cendrawasih benar-benar pas dipakai sebagai hiasan pada tembok-tembok atau dibuat bonsai.

Saat sebelum diperbudidayakan, tanaman ini lebih banyak tumbuh di wilayah tepian sungai, persisnya di daerah pegunungan tropis. Pada ulasan kali ini kamu akan mengetahui tentang ciri-ciri Bonsai cendrawasih. Adapun ciri-ciri yang dipunyai tanaman cendrawasih hingga pas dipakai sebagai tanaman bonsai, yaitu:

1. Bentuk yang Cantik

Salah satunya persyaratan yang perlu dipunyai tanaman untuk dibikin bonsai adalah memiliki wujud yang cantik. Keseluruhannya Bonsai cendrawasih memiliki bentuk bagus, cantik, dan unik. Keelokan yang diartikan itu mencakup keelokan akar, daun, buah, bunga, buah, dan tangkai. Dengan tehnik pembonsaian, keelokan Bonsai cendrawasih akan makin mencolok.

2. Jenis Dikotil

Bonsai cendrawasih terhitung ke kelompok dikotil atau tanaman dengan biji berkeping satu. Ini menjadi satu diantara persyaratan supaya tanaman bisa menjadi bonsai. Tanaman dikotil memiliki tangkai dengan tipe berbahan kayu keras. Oleh karenanya, tanaman cendrawasih tahan saat jadi bonsai.

3. Berusia Panjang

Pembikinan tanaman jadi bonsai tidak memerlukan saat yang singkat. Proses pembangunan tanaman bonsai membutuhkan saat yang lumayan lama. Salah satunya karakter Bonsai cendrawasih adalah umurnya panjang, hingga pas dijadikan tanaman bonsai.

4. Tanaman yang Kuat

Diperlukan tanaman yang tahan akan beragam jenis tindakan untuk jadikan tanaman bonsai. Salah satunya bukti jika Bonsai cendrawasih tahan ada perlakukan adalah bisa dibelitkan dan dibuat batangnya. Umumnya tanaman bonsai ditempatkan pada ruang yang kurang sinar. Oleh karenanya, persyaratan menjadi tanaman bonsai sebaiknya adaptive.

Ciri-ciri Bonsai Cendrawasih

Kamu akan secara mudah menemui tanaman ini beberapa toko tanaman hias. Karena pengembangbiakannya gampang, karena itu harga yang dijajakan dari tanaman ini tidak terlampau mahal. Lihat beberapa ciri berikut supaya kamu ketahui yang mana Bonsai cendrawasih itu:

Batang Bonsai Cendrawasih

Bonsai cendrawasih memiliki tangkai yang ukuran tidak besar. Ukuran tangkai Bonsai cendrawasih kurang lebih cuman sebesar ibu jemari tangan orang dewasa. Tipe tangkai tanaman ini adalah berbahan kayu keras dan kuat. Oleh karenanya, tidaklah aneh bila Bonsai cendrawasih dalam kehidupan beberapa puluh tahun.

Tangkai tanaman cendrawasih warna coklat seperti tangkai Bonsai berbahan kayu secara umum. Sisi luar atau kulit tangkai keras dan teksturnya kasar. Tanaman ini memiliki tangkai yang sanggup dililitkan dengan tangkai yang lain. Perihal ini pula yang mengakibatkan Bonsai cendrawasih dijadikan tanaman hias.

Daun Bonsai Cendrawasih

Daun yang dipunyai tanaman cendrawasih warna hijau kekuningan di bagian depannya. Umumnya daun yang warna hijau kekuningan itu sebagai daun yang masih terbilang muda. Sedang daun pada bagian belakang atau daun yang telah tua memiliki warna hijau tua. Sesuai ukuran Bonsainya, daun tanaman cendrawasih kecil dan berupa lonjong.

Wujud tulang daun tanaman cendrawasih adalah menyirip. Bila disaksikan langsung, daun cendrawasih mempunyai struktur yang condong lembut dan terlihat licin. Bisa disebutkan jika wujud daun cendrawasih simetris. Daun tanaman cendrawasih tak pernah alami peluruhan, hingga bisa hidup tahan lama.

Bunga Bonsai Cendrawasih

Bonsai cendrawasih akan berbunga saat keadaannya subur dan umurnya sudah tua. Bunga Bonsai cendrawasih mempunyai ukuran yang paling kecil dan imut.

Status bunganya menggantung dari ranting Bonsai. Warna bunga Bonsai cendrawasih ialah merah gampang atau merah jambu saat masih terbilang muda, sedang saat tua akan berbeda warna jadi merah tua.

Nah, itulah ulasan terkait pengertian, karakteristik, dan ciri-ciri bonsai cendrawasih yang telah diringkas BonsaiKita.com dari berbagai sumber. Bonsai cendrawasih menjadi satu diantara tanaman hias yang banyak dicari oleh warga Indonesia.

Selainnya memiliki bentuk yang cantik, tanaman cendrawasih murah harga dan gampang langkah menjaganya. Wujud yang dipunyai tanaman ini termasuk unik, hingga tidaklah aneh bila dijadikan tanaman hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *