Bonsai Cabe

Diposting pada

Bonsai Cabe – Bonsai sebagai tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalamm pot dengan arah untuk membikin tanaman hias atau miniature dari wujud pohon aslinya yang besar. Bonsai diibaratkan dengan pohon besar berbahan kayu yang dikerdilkan atau dibuat lebh kecil dari pohon aslinya seperti bonsai cabe.

Cabe jadi tipe sayur yang banyak dicintai oleh warga Indonesia, karena Cabe dapat membuat rasa makanan jadi bervariatif dan Cabe umumnya jadi kombinasi makanan yang terkenal dipakai beberapa ibu rumah-tangga dalam mengolah.

Karakteristik dan Ciri-ciri Bonsai Cabe

Bonsai Cabe

1. Akar

Pohon cabe terhitung tipe tanaman dengan akar berupa serabut. Akar pohon cabe cuman dapat tembus tanah yang dangkal dengan kedalaman hanya 25-40 cm saja. Di bagian ujung akar pohon cabe ada bintil-bintil yang perannya untuk mengikat air dan bermacam zat hara dalam tanah. Sudah pasti, peranan akar pada tanaman ini bermanfaat untuk menyangga pohon supaya lebih kuat berdiri.

2. Batang

Batang pohon cabe memiliki bentuk bundar memanjang dengan panjang tangkai biasanya sekitaran 1-2 mtr. (panjang tangkai pohon cabe bervariatif bergantung dari varietasnya). Sisi luar tangkai terselimuti kulit warna hijau keputihan. Tiap tangkai bercabang, jumlah cabang pada pohon cabe bergantung dari tingkat kesuburan pohon tersebut.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Hampir serupa seperti peranan tangkai pohon secara umum, tangkai cabe berperanan penting untuk proses fotosintesis, karena tangkai pohon cabe memiliki kandungan pembuluh xilem dan floem. Tangkai pohon cabe berperan sebagai penunjang supaya pohon cabe tidak gampang ambruk.

3. Bunga

Pohon cabe terhitung tipe tanaman berbunga majemuk yang memiliki arti pada satu batang ada dua alat kelamin, yakni benang sari (alat kelamin jantan) dan putik (alat kelamin betina). Biasanya, bunga pada tanaman ini seperti bintang dan jumlah kelopaknya sekitaran 5-6 lembar saja.

Panjang bunga cabe umumnya di antara 3-15 cm dan lebarnya sekitaran ½ cm dengan warna yang bervariatif bergantung macamnya. Ada bunga yang berwarna putih, merah dan ada juga yang warna ungu. Peranan khusus bunga cabe untuk mengundang perhatian serangga hingga proses penyerbukan bisa berjalan. Disamping itu, bunga akan jadi tempat untuk proses pembangunan buah.

4. Buah

Cabe memiliki bentuk lonjong dengan sisi ujung yang meruncing. Ukuran Cabe bervariatif ada yang memiliki ukuran kecil dan ada juga yang besar. Sudah diketahui, rerata cabe mempunyai rasa yang pedas. Tetapi, saat umurnya masih terbilang muda Cabe rasanya tidak pedas baru sesudah tua rasa pedasnya akan makin bertambah.

Tapi kamu harus ketahui jika tidak seluruhnya tipe pohon cabe hasilkan buah yang rasanya pedas karena ada juga tipe cabe yang rasanya condong tawar bahkan juga ada yang dirasa manis. Umumnya makin banyak biji cabe dalam buah itu rasa pedasnya akan makin menusuk.

Susunan Cabe sendiri terbagi dalam sisi luar buah berkulit tipis dengan warna bervariatif seperti hijau, kuning dan merah. Di bagian dalam Cabe ada rongga yang berisi dinding buah dan plasenta. Diameter cabe sekitaran 1 – 1,75 cm dengan panjang sekitaran 9 – 15 cm dan beratnya cuman sekitaran 7,5 -15 gr saja.

Cabe mempunyai batang yang panjangnya sekitaran 3,5 – 4,5 cm, peranan batang itu untuk menyambung pangkal buah dengan ketiak daun. Pada intinya, Cabe itu ialah lanjutan dari bunga karena pada bagian dalam bunga cabe ada ovarium yang berperan untuk tempat membuat buah.

5. Biji

Pada intinya rasa pedas cabe itu datang dari biji yang ada dalam Cabe hingga makin banyak jumlah biji akan makin pedas rasanya. Biji cabe berwarna putih kekuningan dengan wujud bundar gepeng. Selainnya berperan untuk hasilkan rasa pedas, biji cabe sebagai alat tanaman ini untuk berkembang biak.

6. Daun

Daun pohon cabe memiliki bentuk berbagai macam bergantung dari varietasnya, ada yang bundar, lonjong oval, bahkan juga ada juga yang berupa lanset. Biasanya sisi ujung daun cabe meruncing dan mempunyai tulang daun dengan wujud menyirip. Ukuran daun cabe bervariatif, biasanya mempunyai panjang sekitaran 4-8 cm dan lebarnya sekitaran 2-4 cm.

Peranan daun cabe sama dengan daun tanaman secara umum yakni untuk tempat fotosintesis. Daun cabe mempunyai stomata hingga daun berperan sebagai alat bernafas sekalian tempat transpirasi (evaporasi air).

Langkah Membuat Bonsai Cabe

Sekarang pohon Cabe bukan hanya diambil buahnya saja, karena pohon Cabe bisa juga dibikin jadi pohon bonsai dan ada beragam tehnik untuk membikin pohon Cabe bonsai. Berikut ialah langkah membuat pohon Cabe bonsai:

  • Tentukan Pohon Cabe Yang Pas
  • Kerjakan Pemotongan
  • Tentukan Pot Yang Sama sesuai
  • Penyiraman
  • Pemberian Pupuk

Nah, begitu pembahasan selangkapnya dari BonsaiKita.com berkenaan pengertian, karakteristik dan beberapa ciri bonsai Cabe yang dapat anda terapkan di dalam rumah. Triknya lumayan gampang dan tidak memerlukan waktu sampai sekian tahun. Mudah-mudahan bisa berguna dan memberikann info untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *