Bonsai Boxus Juara

Diposting pada

Bonsai Boxus Juara – Bonsai boxus juara dengan sebutan lainnya Bokus atau Boxus merupakan salah jenis tanaman kerdil yang sangat populer. Genus tanaman ini pun memiliki 70 spesies kurang lebih serta masuk dalam keluarga Buxacaea. Ditempat lain sering juga dijuluki sebagai Boxwood.

Ciri-ciri Bonsai Boxus Juara yang Bisa Anda Kenali

Bonsai Boxus Juara
Bonsai Boxus Juara

Sebelum Anda memutuskan untuk menanamnya ataupun membudidayakan tanaman yang satu, tentu pelu dipahami cirinya terlebih dahulu. Pada dasarnya boxus juara sangat mudah untuk dikenali khususnya terhadap bagian-bagian tertentu. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Ciri Daun Bonsai Boxus Juara

Ciri pertama yang bisa Anda kenali dari boxus juara adalah melalui bagian daunnya. Secara sisi pertumbuhannya, daun tanaman ini memiliki bentuk yang saling berlawanan. Jika bicara mengenai ukurannya cenderung terlihat kecil apabila dibandingkan dari jenis lainnya.

  • Cek : Kumpulan Tips Budidaya Bonsai Terlengkap

Diameter daunnya memiliki panjang sekitar 2 sampai 5 cm, sedangkan lebarnya hanya 0,3 hingga 2,5 cm saja. Namun, pada spesies jenis lainnya terdapat daun boxus juara yang mencapai 11 cm pada panjangnya dan lebarnya 5 cm. Itu ada pada boxus juara berjenis Macrocarpa.

2. Ciri Bunga Bonsai Boxus Juara

Bagian lainnya yang dapat Anda kenali dengan mudah yaitu pada bunganya. Karena, secara warna serta ukurannya cenderung unik serta memiliki karakter yang menarik. Bahkan sekalipun bagi pemula, cukup hanya sekali melihatnya maka akan otomatis mengenalinya.

Pada bagian bunga tanaman yang satu ini memiliki warna cenderung kuning bercampur dengan hijau. Hal tersebut membuatnya terlihat menjadi lebih menarik karena kombinasi antara keduanya. Selain itu, boxus juara juga dikenal punya dua jalanin dalam satu pohon.

3. Ciri Buah dan Pohon Bonsai Boxus Juara

Sedangkan pada buah boxus juara cenderung memiliki ukuran yang kecil serta bentuknya pun unik berupa bulat tidak sempurna atau oval. Diameternya hanya berkisar 0,5 sampai 1,5 cm untuk panjangnha. Namun ada juga yang mencapai 3 cm bagi jenis boxus juara macrocarpa.

Ciri pohonnya sendiri memiliki ciri bentuk yang dimulai dari kecil, sedang hingga berupa semak belukar besar. Pertumbuhan daunnya tergolong sangat lebat dan tingginya mencapai 10 sampai 12 meter. Ada kemungkinan bisa lebih jika hidup dialam liar.

Proses Penanaman dan Perawatan Bonsai Boxus Juara yang Baik dan Benar

Setelah Anda mengenali ciri dari bonsai boxus juara, maka tahap selanjutnya adalah memahami bagaimana cara menanam dan merawatnya. Tentu tahap ini wajib dipahami oleh Anda, terlebih masih bisa dikatakan sebagai pemula. Berikut beberapa proses tanam serta rawat.

1. Peoses Pembentukan

Jika Anda ingin menemukan jenis tanaman satu ini, maka tak akan mendapatkannya di alam liar atau hutan, khususnya di Indonesia. Namun, bisa membelinya di penjual tanaman hias terdekat. Perihal harganya sangat beragam tergantung ukursn serta kualitasnya.

Pada proses proses pembentukan agar berlangsung lebih gampang maka stek batang yang masih berusia muda. Hal tersebut dikarenakan akar akan cepat keluar jika dibandingkan dengan umur tua. Sehingga tahap pembentukan menjadi mudah.

2. Menata Akar

Apabila Anda ingin menata akar, usahakan prosesnya bersamaan dengan tahap pergantian media tanam. Hal tersebut bertujuan agar tidak mencabutnya secara berulang-ulang sehingga mengganggu perkembangannya. Selain itu pilih jenis akar yang nantinya akan digunakan.

Pada tahap pemindahan bonsai ke media tanam yang baru, akar bagian atas diberikan tatakan berupa batu atau jenis lainnya. Tujuannya adalah agar pertumbuhannya menjadi melebar. apabila terdapat akar yang panjangnya lebih, sebaiknya dipotong saja.

Itulah tadi pembahasan dari BonsaiKita.com mengenai beberapa ciri dari Bonsai boxus juara serta cara menanam dan merawatnya yang baik dan benar. Jika Anda mampu menerapkan semua point diatas dengan tepat, maka hasilnya pun akan memuaskan. Karena budidaya bonsai butuh kesabaran ekstra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *