Bonsai Bougenville

Bonsai Bougenville

Diposting pada

Bonsai Bougenville – Beranekaragam jenis tumbuhan yang bisa ditanam teknik bonsai. Diantaranya yakni bunga kertas atau biasa dikenali bernama bougenville. Bougenville mempunyai jenis – jenis warna yang elok. Hingga pas jadi sebagai tanaman bonsai bougenville.

Bunga bougenville yang mempunyai nama ilmiah Bougainvillea ialah tipe tanaman hias yang cukup terkenal. Mempunyai banyak tipe dan warna bunga, tanaman hias disukai karena perawatannya yang lumayan gampang. Bunga bougenville dekat bernama Bunga Kertas di Indonesia karena kelopaknya yang tipis dan seperti kertas.

Di alam, tanaman hias bougenville dapat tumbuh jadi pohon tinggi dan dapat capai tinggi beberapa mtr.. Tetapi, sebagai tanaman hias, tanaman ini umumnya cuman tumbuh sampai satu mtr. saja. Alternatif lain untuk jadikan bunga yang dipandang seperti tanaman pembawa peruntungan ini sebagai tanaman hias dengan menjadikan sebagai tanaman bonsai imut dengan bunga yang sangat rimbun.

Bonsai Bougenville membutuhkan perawatan yang cukup mudah. Selain itu, bunganya yang terdiri dari bermacam-macam warna terlihat sangat cantik. Bougenville juga tumbuh dengan baik di Indonesia. Tak heran jika bunga kertas yang satu ini sangat diminati orang untuk membuat tanaman bonsai.

7 Cara Membuat Bonsai Bougenville Berbunga Lebat

(Foto : Pinterest)

Agar tanaman bunga atau Bonsai Bougenville yang telah Anda jadikan bisa memiliki bunga yang tumbuh dengan lebat. Ada beberapa cara perawatan yang perlu diperhatikan. Yuk, langsung simak saja sejumlah tips di bawah ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Yakinkan Anda harus mempersiapkan alat dan bahan seperti di bawah ini :

  • Pasir
  • Pupuk kandang atau kompos
  • Kerikil
  • Gunting tanaman
  • Gergaji
  • Plastik
  • Solasi
  • Tali (Rafia)
  • Sediakan pot tanaman
  • Tanaman bunga kertas yang ukuran cocok untuk dibonsai
  • Golok atau Pisau
  • Kawat kuningan

Siapkan seluruh bahan yang telah disebutkan di atas untuk lakukan proses pengerjaan bonsai bougenville agar berbunga lebat

2. Memilih Waktu yang Tepat untuk Memindahkan Bonsai ke Dalam Pot

Dalam merawat bonsai yang dibentuk dari tanaman bougenville, hal pertama yang harus diperhatikan adalah penempatannya di dalam pot. Sebelum dipindah ke dalam pot, tanaman Bougenville sebaiknya di tanam di tanah terlebih dahulu.

Bougenville memiliki akar yang tipis dan rapuh sehingga menanamnya di dalam tanah mampu membuat akarnya kuat serta merangsang pertumbuhan akar lateral. Pastikan juga ranting pada tanaman ini sudah tumbuh cukup besar sebelum melakukan pemindahan pada media tanam yang baru.

Jika, Anda berencana untuk memindahkan bougenville ke dalam pot. Lakukanlah ketika tanaman ini sedang mengalami pertumbuhan yang pesat, biasanya terjadi pada akhir musim semi. Ini akan membuat tanaman mampu bertahan lama di dalam pot.

3. Perhatikan Kondisi Tanah yang Digunakan untuk Menanam Bonsai

(Foto : Pinterest)

Kondisi tanah yang digunakan sebagai media tanam bonsai juga penting untuk diperhatikan. Media tanam perlu diberi pupuk organik dengan kandungan nitrogen untuk mendukung pertumbuhan daunnya. Bonsai akan tumbuh dengan optimal jika tanah yang digunakan memiliki 40 persen kandungan organik.

  • Baca Juga : Pengertian Bonsai dan Sejarahnya

Anda bisa menggabungkan tanah untuk menanam bonsai dengan media tanam yang lain seperti pasir kasar, batu apung, dan serpihan batu granit.

4. Pastikan Bonsai Mendapatkan Cahaya yang Cukup

Tanaman Bougenville sangat menyukai sinar matahari. Sehingga, idealnya bonsai tanaman ini diletakkan di tempat terbuka dengan cahaya matahari langsung atau di dalam ruangan yang mendapatkan banyak cahaya matahari. Tanpa sinar matahari yang cukup, bonsai akan tumbuh dengan jumlah daun yang sedikit.

5. Memberikan Asupan Air yang Sesuai

Bonsai Bougenville membutuhkan resapan air yang baik. Tanah yang terlalu basah akan membuat akarnya mudah busuk dan ditumbuhi jamur sehingga tanaman tidak bisa berkembang dengan baik.

Selain, memperhatikan kandungan air pada tanah, Anda juga harus menyiramnya secara teratur, khususnya ketika daun-daun pada tanaman ini sedang tumbuh rimbun.

6. Melakukan Pemantauan Suhu

(Foto : Pinterest)

Bonsai bisa tumbuh dengan optimal jika Anda menyimpannya pada tempat dengan suhu yang sesuai. Untuk tanaman Bougenville, suhu yang mampu menunjang pertumbuhan dengan baik adalah di atas 40 derajat Fahrenheit.

Pemantauan suhu harus dilakukan secara berkala. Nah, jika Anda ingin memindahkan bonsai ke pot yang baru, pastikan suhu di sekelilingnya mencapai 50 derajat Fahrenheit.

7. Pemangkasan Bonsai Secara Teratur

Agar tanaman bisa dibentuk sesuai dengan keingingan, maka pemangkasan pada batang-batang tanaman perlu dilakukan secara teratur. Hindari memangkas tanaman saat bougenville tidak berbunga. Waktu paling efektif untuk pemangkasan adalah ketika bonsai dalam keadaan sehat dan tumbuh dengan akif.

Pemangkasan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian tanaman yang lain. Tak hanya itu, Anda bisa menambahkan kawat untuk mengarahkan pertumbuhan cabang-cabang sesuai bentuk yang ingin dicapai.

Nah, itulah beberapa cara merawat bonsai bougenville agar bisa tumbuh dengan optimal. Pertumbuhan bonsai yang optimal tentunya akan menghasilkan daun dan bunga yang lebat sehingga lebih menarik untuk dipandang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *