Bonsai Bola

Diposting pada

Bonsai Bola – Mungkin sebagian orang memutuskan untuk membeli bonsai bola yang sudah jadi. Padahal hal tersebut dianggap kerumah mengasyikkan karena tidak merasakan prosesnya. Faktanya, menanam dan merawat bonsai bisa dikatakan cukup sederhana terlebih bagi para pemula.

Cara Mudah Menanam Bonsai Bola untuk Pemula

Bonsai Bola
Bonsai Bola

Menanam bonsai merupakan salah satu bagian dari hobi yang saat ini masih terus digeluti. Bahkan bukan hanya sekedar memenuhi kepuasan diri saja, tapi bisa dijadikan lahan bisnis yang cukup menguntungkan. Jika Anda pun merasa tertarik, berikut beberapa cara tanamnya.

1. Mempersiapkan Bonggol

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan bonggol bonsai. Namun, pada tahap ini memerlukan kejelian dalam menentukan jenis bonggol yang akan digunakan. Baik dari segi karakter hinggi kualitas tanaman agar mampu berkembang dengan baik.

Pada dasarnya, untuk bisa menemukan bonggol bonsai dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa mengunjungi toko atau tempat jaul benih tanaman lalu membelinya. Namun lagi-lagi, perhatikan secara seksamasuoaya menghasilkan bonggol terbaik nantinya.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan media tanam. Satu hal yang wajib Anda pahami adalah pada dasarnya media yang digunakan tak sama dengan tanaman hias lainnya. Melainkan butuh tempat khusus agar bisa berkembang secara baik.

Selain itu, pahami juga perihal komposisi tanah guna membantunya tumbuh dengan sempurna. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan kawat stainless steel, berikan waktu beberapa saat terhadap bonsai. Tujuannya adalah agar tanaman mampu beradaptasi.

3. Membentuk Bonsai

Sebelum Anda masuk pada tahap ini, pastikan terlebih dahulu bahwa bonsai sudah cukup dewasa untuk dibentuk. Proses pembentukkan bisa menggunakan kawat lilit atau jenis lainnya. Namun pastikan yang tidak mudah putus dan berkarat.

Diameter kawat yang digunakan umumnya 3 MM. Cara membentuknya, Anda dapat memulainya dari melilit pada bagian bonggol. Kemudian dilanjutkan dengan lilit hingga daun-daunnya. Bentuk dapat disesuaikan dengan keinginan dan pastikan kuat.

Cara Merawat Bonsai Bola Dengan Baik dan Benar

Pada dasarnya, mengetahui bagaimana cara menanam bonsai bola saja tidaklah cukup. Anda juga perlu memahami tentang proses perawatannya yang baik dan benar agar bisa tumbuh sesuai keinginan, khususnya untuk pemula. Berikut beberapa cara merawatnya.

1. Memastikan Mendapatkan Cahaya Matahari yang Cukup

Setelah proses penanaman hingga pembentukan selesai, maka letakkan lah bonsai ditempat khusus. Pastikan tanaman tidak terpapar matahari secara langsung namun tetap mendapatkan sinarnya. Hal ini akan sangat memengaruhi pertimbuhan dari bonsai.

Pastikan bahwa bonsai mendapatkan sinar matahari yang setidaknya dianggap cukup untuk proses fotosintetis. Suoaya menjadi lebih baik lagi, cobalah Anda menggunakan kanopi sebagai atapnya. Jika sudah berusia cukup dewasa baru pindahkan ke tempat lain.

2. Siram dan Berikan Pupuk

Sama seperti jenis tanaman lainnya, bonsai Yang satu ini pun membutuhkan penyiraman secara rutin. Namun pastikan tidak dilakukan secara berlebihan alias secukupnya saja, sekali dalam sehari. Hal terpentingnya adalah menjaga media tanam terus dikondisi lembap.

Meberikan pupuk khusus terhadap bonsai juga merupakan tahap penting dan harus dilakukan. Tujuannya adalah guna memenuhi nutrisi pasa tanaman. Jangan lupa untuk rutin memangkas bagian yang dirasa mengganggu. Berikan perlindungan lebih agar terhindar dari hama.

Itulah tadi pembahasan dari BonsaiKita.com mengenai cara mudah menanam serta merawat bonsai bola bagi para pemula. Pastikan bahwa Anda tidak melawati satupun prosesnya. Akan lebih baik lagi apabila bertanya langsung kepada ahlinya supaya menjadi lebih jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *