Bonsai Beringin

Diposting pada

Bonsai Beringin – Kehadiran sebuah tanaman di suatu rumah memang bukan menjadi hal yang penting. Namun, ada banyak manfaat yang bisa dihadikan dari tanaman misalnya keindahan dari rumah itu sendiri. Misalnya tanaman hias bonsai beringin yang bisa kamu buat sendiri di rumah untuk menambah nilai estetika.

Tanaman hias terutama bonsai ini juga bisa menambah nuansa dan atmosfer yang segar di rumah. Sirkulasi udara di dalam rumah pun akan menjadi lebih baik jika ada tanaman. Salah satu jenis tanaman yang bisa dibonsaikan adalah tanaman atau pohon beringin.

Bonsai Beringin Adalah

Bonsai Beringin
Bonsai Beringin

Salah satu jenis tanaman hias bonsai yang telah terkenal sejak dulu dan masih terus diminati sampai saat ini adalah bonsai beringin. Tanaman bonsai yang satu ini berasal dari tanaman atau pohon beringin yang kemudian dibonsaikan, supaya tampilannya menjadi lebih indah.

Jenis tanaman yang cara pertumbuhannya adalah melalui bibit yang tumbuh dari batang pohon yang lainnya, disebut dengan tanaman beringin. Tanaman bonsai juga membutuhkan inang yang baik, sebelum akhirnya ia bisa tumbuh dengan sendirinya dan akarnya pun bisa masuk ke dalam tanah.

Secara umum, tanaman berising ditemukan di daerah yang beriklim tropis karena tanaman tersebut memang memerlukan pencahayaan yang baik. Supaya akarnya dapat tumbuh dan keluar dengan lebih kuat. Karakteristik tanaman beringin itulah yang membuat tanaman tersebut bisa dibonsaikan.

Supaya ukurannya pun bisa menjadi lebih kecil dan menyesuaikan ukuran dengan ukuran dari wadah atau tempat hidupnya. Tanaman bonsai beringin ini merupakan tanaman beringin yang dibuat lebih kerdil supaya bisa ditanam kemudian dipelihara di rumah.

Tanaman bonsai dipercaya sebagai jenis tanaman yang cocok ditanam di mana saja, baik di dalam atau luar ruangan. Bonsai juga mampu membawa efek psikologis yang sifatnya positif untuk orang-orang yang menghuni rumah tersebut.

Bahkan bonsai juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman yang mampu melepaskan stres. Tak heran jika banyak orang yang menyukai tanaman hias bonsai, akan memilih beringin untuk dibonsaikan.

Harga Bonsai Beringin

Salah satu kelebihan dan keunggulan dari tanaman bonsai beringin adalah memiliki batang yang proses pembentukannya bisa lebih mudah. Penyebabnya adalah barena bagian batang pada pohon beringin karet memiliki karakteristik yang lentur seperti karet.

Bentuknya pun bagus dan menarik sehingga sangat cocok jika dibonsaikan. Bagian daun pohon beringin juga sangat lebat, dan itulah yang menjadikan tanaman ini sangat menarik dan enak dipandang. Biasanya pohon beringin ditanam di seputaran rumah untuk dijadikan tanaman hias.

Harga dari tanaman bonsai yang satu ini di pasaran sangat beragam dan bermacam-macam. Tergantung dari kualitas pohon itu sendiri dan bagaimana tampilannya. Kisaran harga dari bonsai pohon beringin ini adalah sekitar Rp.880.000,- hingga Rp.10.000.000,-.

Selain itu, penentuan harga tersebut juga akan bergantung pada bentuk serta tingkat kesulitan dari bonsai itu sendiri. Selain tanaman bonsai cemara, beringin juga termasuk jenis bonsai yang harganya cukup mahal.

Cara Membuat Bonsai Beringin

Dalam membuat tanaman bonsai dari pohon beringin yang satu ini, ada beberapa rangkuman dari situs BonsaiKita.com terkait hal yang harus dipersiapkan diantaranya yaitu :

1. Lakukan Persiapan Awal

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika akan membuat pohon beringin yang akan dibonsaikan yaitu, persiapkan dahulu bahan-bahan dan peralatannya. Pertama-tama persiapkan dahulu bibit atau bonggol pohon beringin yang kualitasnya bagus.

Bisa dengan membelinya langsung di toko tanaman atau bisa juga dengan mencangkoknya dahulu dari pohon beringin. Ketika memilih bonggol beringin yang nantinya akan dibonsaikan sebaiknya periksa dahulu bentuknya.

Pastikan juga sudah dipilih bonggol yang ukurannya besar, karena ukuran akan memengaruhi bentuk dan arah tumbuh bonsai tersebut saat membesar nanti. Setelah itu siapkan media tanam dan potnya, kawat stainless steel yang ukurannya 3 mm, dan pupuk tanaman.

2. Persiapkan Media Tanam

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan media tanamnya dan usahakan pilih media tanam yang tepat dan berkualitas.

Tidak seperti tanaman hias yang lainnya yang membutuhkan nutrisi lebih, bonsai pohon beringin ini tak boleh mendapat nutrisi atau unsur hara dalam jumlah yang berlebihan.

Jumlah yang berlebihan itu akan memengaruhi pertumbuhannya, dan supaya tanaman itu bisa tumbuh dengan lebih baik lagi. Maka dari itu, komposisikan beringin yang akan dibonsaikan tadi supaya unsur hara dari media tanamnya tak berlebihan.

Pilihlah jenis media tanam yang sedikit lebih padat, caranya yaitu dengan mencampur humus yang bisa diperoleh dengan mudah di toko-toko tanaman. Misalnya dengan menambahkan kerikil atau bebatuan kecil-kecil.

3. Lakukan Proses Pemangkasan pada Beringin

Sebelum ke proses penanaman bonsai, sebaiknya lakukan pemangkasan dahulu mulai dari akar sampai bonggolnya untuk menghindari pertumbuhan akar yang jumlahnya berlebihan. Hal itu juga akan membuat ruang di media tanamnya menjadi berkurang.

Jika hal itu terjadi maka nutrisi dari tanaman bonsai beringin ini akan sulit dipenuhi dengan baik. Kemudian bagian daunnya juga harus dipangkas untuk membantu proses adaptasi di awal penanaman.

4. Mulai Menanam dan Membentuk Pohon

Apabila media tanam dan bonggol pohonnya sudah siap, kini mulailah menanam pohon dengan memakai kawat stainless steel yang telah dipersiapkan tadi.

Bentuk pohon sesuai dengan keinginanmu dan lilitkan kawat pada bonggol sampai dahannya membentuk sesuai dengan pola bonsai yang kamu mau. Lakukan tahap ini dengan perlahan dan lebih hati-hati. Tapi pastikan lilitan kawatnya juga kuat dan kencang.

Jangan terburu-buru melepaskan lilitan kawatnya karena pembentukan pohon bonsai beringin ini terbilang sangat lama. Jika polanya sudah terlihat membentuk maka lilitan kawat boleh dilepaskan.

Pastikan proses pemangkasan daun dilakukan secara berkala dengan memakai guntung khusus tanaman bonsai. Apalagi jika pertumbuhan daunnya sudah terlalu banyak.

Bonsai Beringin Termahal

Banyak orang yang menanam atau mengoleksi pohon bonsai memang untuk investasi. Hal ini disebabkan melambungnya harga tanaman-tanaman bonsai termasuk bonsai beringin. Apalagi tanaman bonsai yang satu ini termasuk jenis tanaman yang cukup mahal dibanding bonsai lainnya.

Jika dirawat dengan baik maka nilai estetika dari beringin ini akan semakin baik. Itulah sebabnya banyak orang yang mengincar bonsai pohon beringin ini karena selain tampilannya oke, harganya pun sangat menjanjikan.

Harga dari bonsai ini bisa mencapai Rp.10.000.000,- untuk kondisi dan kualitas yang sangat baik. Namun ada juga yang memasang harga lebih dari itu, bahkan hingga mencapai milyaran rupiah. Bagi para pecinta bonsai, tentu banyak yang tetap membeli walaupun harganya semahal itu.

Sedangkan untuk harga bibitnya terbilang sangat murah, yaitu kisaran antara 50.000 hingga 300.000 rupiah. Jika kamu ingin tahu harga-harga bonsai termahal di Indonesia termasuk bonsai pohon beringin ini, maka datanglah ke acara festival bonsai.

Menurut situs BonsaiKita.com pada festival tersebut, harganya bisa mencapai 1 milyar rupiah bahkan lebih. Tapi jika membeli secara langsung harganya terlampau mahal, maka beli saja bibitnya kemudian bentuk dan buat pohon beringin itu hingga menjadi bonsai beringin.

Namun memang waktu pembentukannya tidak sebentar, terutama sampai pohonnya bisa membentuk pola yang sesuai dengan keinginan hingga tampilannya indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *