Bonsai Beringin Korea

Bonsai Beringin Korea

Diposting pada

Bonsai Beringin Korea – Bagi Anda pecinta tanaman bonsai beringin Korea, salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengetahui informasi mengenai cara merawatnya dengan benar. Suatu tanaman hias yang kecil atau bahkan besar sekali pun, akan tumbuh sehat dan cantik jika dirawat dengan benar dan juga rutinan.

Mengenal Bonsai Beringin Korea

(Foto : Pinterest)

Pada umumnya, beringin ini termasuk ke dalam salah satu tanaman atau bahkan pohon yang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Bahkan hingga saat ini pun tidak pernah pudar, apalagi semakin banyak tanaman jenis beringin yang memiliki variasi. Sama seperti pohon beringin korea ini.

Ada begitu banyak spesies dari pohon beringin bonsai ini atau dikenal dengan sebutan ficus. Pada umumnya, terbagi menjadi dua jenis yaitu beringin dolar dan juga korea. Dari kedua tanaman tersebut, tentu saja memiliki karakteristik dan keunikannya masing – masing yang cukup menarik.

Terlebih lagi pada tanaman beringin korea, tanaman ini mempunyai nama latin yaitu Ficus microcarpa var.crassifolia. Bentuk daunnya terlihat lonjong dan meruncing, sedangkan kelebihannya adalah sangat mudah untuk dibentuk. Bahkan proses penanamannya juga tidak begitu rumit.

Cara Merawat Tanaman Bonsai Beringin Korea Dengan Benar

(Foto : Pinterest)

Memiliki tanaman apa pun itu, sudah pasti Anda harus menjaganya dengan baik. Seperti dengan merawatnya sesuai anjuran, sehingga tidak akan menjadikan tanamannya cepat mati. Sama seperti pada bonsai beringin korea ini. Sebagai pemiliknya, harus mengetahui cara merawat dengan benar.

1. Proses Penyiraman dan Pemupukan

Langkah pertama yang harus dilakukan, yaitu dengan melakukan penyiraman pada tanaman bonsai beringin korea. Anda cukup menyiram tanamannya selama musim kemarau saja, hindari penyiraman di musim hujan. Dikarenakan jika drainase potnya tidak baik, dikhawatirkan justru akan membusuk.

  • Simak : Pengertian, Karakteristik, dan 30 Jenis Bonsai Terbaik

Tanaman beringin korea akan lebih terlihat sehat dan tumbuh subur, jikalau Anda selalu mengaplikasikan pupuk secara teratur. Ada baiknya, tidak memberikan pupuknya secara berlebihan. Lalu gunakanlah pupuk yang sifatnya organik atau bahan lain yang mudah untuk larut ke dalam air.

2. Cara Menggantikan Tanah serta Pemotongan Akar

Tidak sampai disitu saja, masih ada tahapan lain dalam merawat tanaman bonsai beringin korea ini. Salah satunya adalah dengan menggantikan tanahnya setiap setahun sekali. Kemudian, untuk dapat memperlambat tumbuhnya tanaman. Anda bisa memotong bagian akar yang tidak perlu saja.

Potong bagian akar yang sekiranya tidak menarik untuk dipajang / menempel pada tanamannya. Selain itu, perhatikan kualitas dari media tanaman bonsai beringin korea Anda juga. Pastikan media tanamnya itu mengandung nutrisi dan juga unsur hara. Supaya tanaman bisa tumbuh dengan subur.

3. Tips Pemangkasan serta Pengawatan

Langkah merawat tanaman beringin korea yang dijadikan bonsai masih berlanjut, Anda harus melakukan cara ini agar dapat membuat umur tanamannya lebih lama dan tidak mudah mati. Walaupun dikenal cukup kuat, akan lebih baik jika merawatnya dengan baik. Supaya tampilannya tidak berubah dan tetap tampil menarik.

Salah satu cara untuk merawat bonsai beringin korea, yaitu dengan melakukan pemangkasan atau biasa disebut pruning. Proses pangkas ini dilakukan tepatnya pada dahan atau bahkan di daunnya. Dengan tujuan, agar dapat memperkecil daun serta mempercepat tumbuhnya cabang yang baru.

4. Pembersihan Rumput Liar dan Memberikan Lumut

Merawat tanaman itu tidak boleh setengah – setengah, Anda harus melakukannya dengan sepenuh hati dan maksimal. Supaya tanamannya tetap tampil baik dan tidak kurang suatu apa pun. Salah satu cara merawat bonsai beringin korea, yaitu dengan membersihkan rumput liar di sekitarnya.

Pembersihan pot pada area sekitar tanman beringin korea ini juga termasuk cara merawat bonsai dengan benar. Jikalau dibiarkan tumbuh begitu saja, tentu akan merusak keindahan dari tanamannya sendiri. Terlebih lagi juga bisa merusak pertumbuhan bonsai. Coba gunakanlah lumut agar terlihat asri.

Itulah beberapa penjelasan secara rinci dan detail, mengenai tanaman bonsai beringin Korea dan cara merawatnya dengan baik dan benar. Pastikan Anda sudah mengikuti langkah dalam pembahasan di atas. Supaya tanamannya tidak kurang suatu apa pun. Semoga informasi dari situs BonsaiKita.com dapat menambah wawasan Anda ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *