Bonsai asem jawa

Diposting pada

Bonsai asem jawa – Bonsai asem jawa sering dipilih sebagai tanaman untuk memperindah halaman rumah karena memiliki karakteristik yang unik dan menarik. Bonsai sendiri bisa dibuat dari berbagai jenis tanaman sehingga Anda bisa mengkreasikan sendiri desain tanaman yang diinginkan.

Asem jawa merupakan tanaman yang mudah dibentuk menjadi bonsai sehingga cocok dipilih oleh para pemula yang baru saja tertarik dengan seni bonsai. Anda bisa belajar sambil mengekspresikan imajinasi agar dapat membuat tanaman yang unik dan berkarakter.

Bonsai Asem Jawa adalah model tanaman bonsai yang terkenal di kelompok pencinta bonsai. Penampilan yang simpel justru membawanya dalam bentuk yang unik dan yang paling disukai kecuali macam bonsai lainnya.

Oleh karena itu, saya tertarik membahas mengenai macam bonsai yang ini di bonsaikita.com. Berikut cara membuat bonsai asem jawa yang perlu kita ketahui. Yuk, simak apa saja!

Langkah-Langkah Pembuatan Bonsai Asem Jawa

Bonsai asem jawa

Terdapat dua cara yang bisa Anda terapkan dalam proses pembuatan bonsai, yaitu memulainya dengan menyemai biji asem atau mencangkok pohon asem yang sudah tua. Kedua cara ini bisa Anda lakukan untuk menghasilkan seni bonsai.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Ketika ingin membuat bonsai dari pohon asem, jangan pernah menggunakan teknik stek karena pada dasarnya, pohon asem tidak bisa distek. Sebagai pemula, alangkah lebih baik dan mudah jika Anda membuat bonsai menggunakan biji asem yang sudah tua.

Cara penerapannya tidak terlalu sulit dan Anda bisa menikmati setiap tahap prosesnya dengan nyaman. Berikut langkah-langkahnya.

1. Memilih biji asem yang sudah masak

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih biji asem yang sudah masak dan berkualitas unggulan. Rendam biji asem yang sudah dipilih ke dalam sebuah wadah seperti mangkok atau baskom selama kurang lebih satu minggu.

Biarkan wadah tersebut dalam keadaan terbuka, tidak perlu ditutup. Proses ini membuat cangkang biji asem lama kelamaan menjadi terbuka sehingga dapat mengelupas dengan lebih mudah.

2. Menanam biji asem

Ikatlah biji asem yang sudah direndam bersama dengan pupuk pertumbuhan. Siapkan wadah berubah polybag atau pot. Berikan pupuk dan media tanam di dalamnya. Media tanam yang digunakan biasanya terdiri dari kompos, tanah, pasir dan pupuk kandang.

Kemudian masukkan biji asem ke dalam media tanam tersebut. Jangan memasukkan biji asem terlalu dalam karena bisa menghambat pertumbuhannya. Tanam biji asem pada bagian permukaan media tanam saja agar tunas bisa cepat tumbuh dan berkembang.

3. Membentuk pohon asem yang mulai tumbuh

Setelah tunas mulai tumbuh dan berkembang, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membentuknya untuk menjadi bakalan bonsai yang sesuai dengan keinginan.

Anda bisa mengembangkan imajinasi dan membentuk model bonsai yang dikehendaki, misalnya model bonsai yang tegak, berbelok-belok, bentuk akar terjalin, bentuk miring dan lain sebagainya.

Hal tersebut bisa disesuaikan dengan selera dan teknik seni bonsai yang Anda kuasai. Asem jawa sangat mudah dibentuk sehingga cocok bagi para pemula yang sedang belajar.

Kemudian aturlah diameter batang pohon asem dengan posisi bagian bawah lebih besar dibandingkan dengan bagian atasnya. Semakin ke atas harus semakin kecil agar terlihat unik dan seimbang.

4. Proses pembentukan bonsai

Untuk bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan rencana, Anda harus rajin dan telaten memangkas daun yang ada. Proses ini dilakukan untuk menghilangkan bagian tanaman yang dianggap tidak perlu dan memberikan kesempatan untuk tunas baru agar dapat tumbuh.

Selain itu proses pemangkasan juga membuat daun akan tumbuh semakin lebat dan sehat. Merapikan bentuk bonsai membutuhkan kesabaran sehingga Anda perlu melakukannya secara bertahap.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan seperti memberi pupuk dan menyiramnya agar nutrisi yang dibutuhkan bonsai dapat terpenuhi dengan baik dan tepat. Gunakan pupuk yang bebas dari kandungan bahan kimia agar bonsai dapat tumbuh dengan sehat dan bagus.

Setiap tahap pembuatan bonsai asem jawa harus dilakukan dengan teliti dan penuh ketelatenan agar hasilnya bisa maksimal dan sesuai dengan keinginan. Anda juga perlu melakukan proses perawatan secara berkala karena pada dasarnya bonsai membutuhkan waktu yang lama hingga terbentuk sempurna.

Harga Bonsai Asem Jawa

Jika kamu berminat untuk melakukan budidaya bonsai asem Jawa atau memelihara tanaman yang udah jadi , harus tahu harga tanaman ini. Harga bibit tanaman bonsai asem Jawa tentu saja masih murah, cuman sekitar Rp15 ribu, Rp35 ribu, atau Rp55 ribu.

Sementara harga bonsai asem Jawa yang termasuk bahan alias siap dibuat jadi bonsai, dapat sebesar Rp100 ribu per pohon. Kamu tidak berpotensi untuk lakukan budidaya bonsai asem Jawa dan ingin memiara yang telah selesai.

Seharusnya, kamu memang memiara tanaman yang telah maka tapi kamu harus menyiapkan kantong lebih dalam. Tanaman bonsai asem Jawa yang telah jadi ini alias menjadi bonsai ditawarkan pada harga mulai Rp5 juta.

Next, ingin tahu harga bonsai asem Jawa paling mahal? Harga bisa tembus USD 100 ribu (Rp1,4 miliar). Harga yang wajar bila ingat jika tanaman ini sudah berumur lebih dari 70 tahun, wow telah lama sekali ya.

Demikian artikel mengenai bonsai asem jawa yang perlu Kita pahami. Semoga artikel BonsaiKita.com ini dapat menambah wawasan anda terkait bonsai asem jawa. Semoga bermanfaat & Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *