Bonsai Arabika

Diposting pada

Bonsai Arabika – Bonsai Arabika atau yang kebih dikenal dengan sebutan Klampis Ireng, khususnya di Indonesia. Tanaman tersebut memiliki nama Latin yaitu Vachellia Nilotica. Jenis ini menjadi salah satu pilihan favorit terutama bagi para pecinta bonsai atau tanaman kerdil yang satu ini.

Kegunaan Bonsai Arabika Sebagai Makanan

Bonsai Arabika
Bonsai Arabika

Salah satu alasan kenapa banyaknya orang yang jatuh hati pada tanaman satu ini adalah karena kegunaannya. Bukan hanya memiliki karakter yang begitu cantik secara tampilan tapi juga berdasarkan fungsinya terutama sebagai makanan. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Sebagai Sayur

Salah satu kegunaan dari bonsai satu ini adalah dapat diolah menjadi santapan lezat dan sehat yaitu sayur. Bagian-bagian yang dapat Anda manfaatkan untuk dijadikan sayur-sayuran adalah polong mudah. Bukan hanya itu saja tapi juga daun muda hingga pucuknya.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Selain itu, pada bagian yang berkecambah dapat Anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai makanan sehat yaitu sayur. Tentu hal tersebut membuat tanaman yang satu ini memiliki banyak fungsi. Terlepas dari bonsai sebagai tanaman hias.

2. Bahan Campuran Minuman

Salah satu fakta yang perlu Anda ketahui adalah bahwasanya tanaman dengan nama lain klampis Ireng ini digunakan untuk bahan campuran minuman. Ketika bagian bijinya dicampur dengan kurma, maka menjadi minuman beralkohol. Hal ini diterapkan pada beberapa produk.

Namun, jika Anda berusaha untuk mengelolanya dengan baik dan benar maka akan menghasilkan campuran yang berbeda. Sebab, biji tanaman klempis Ireng apabila disangrai bisa menjadi bahan campuran untuk kopi. Bahkan memiliki rasa yang sangat khas

3. Bumbu Dapur

Kegunaan lainnya dari bonsai arabika adalah sebagi bahan campuran bumbu dapur. Hal tersebut bisa Anda dapatkan apabila mengelola bijinya dengan cara dipanggang. Sedangkan pada bagian getahnya dapat menghasilkan sebuah olahan berupa makanan.

Prosesnya yaitu dengan menggoreng getah yang dihasilkan dari batang. Kemudian dicampurkan ghee atau yang sering digunakan untuk manisan bunga. Jenis makanannya berupa ‘sak’ yang dikenal dari kulit kayu.

Kegunaan Bonsai Arabika Sebagai Obat-Obatan

Rupanya, bonsai Arabika tidak hanya berguna sebagai makanan dan bahan campuran produk lainnya, taoi juga untuk obat-obatan. Jadi, ketika Anda memutuskan membudidayakannya maka akan merasakan berbagai manfaatnya. Berikut beberapa kegunaa sebagai obat.

1. Sebagai Obat Tradisional

Salah satu bagian yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional adalah Kulit kayu, getah hingga polongnya. Namun, terlepas dari itu dibutuhkan pengetahuan dalam hal pengelolaannya. Dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pada dasarnya, bagian kulit kayu serta polongnya kaya akan kandungan tanin dan bersifat astringen. Hal tersebut membuatnya sangat bermanfaat untuk dijadukan sebagai bahan olahan obatan tradisional. Namun, sebelum itu pahami langkah pembuatannya dulu.

2. Metode Peracikannya Beragam

Fakta lainnya tantang tanaman klempis Ireng ini adalah metode peracikannya sebagai obat tradisional. Bagian kulitnya sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Selain itu metodenya pun beragam, baik rebusan ataupun jenis lainnya.

Secara khusus, klempis ireng Sangat bagus untuk mengatasi penyakit seperti diare serta Disentri. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan yang bersifat astringency. Bahkan kemampuannya juga bermanfaat guna stimulan saraf pada kusta, sakit usus hingga kusta.

Itulah tadi pembahasan dari BonsaiKita.com mengenai Bonsai Arabika beserta beberapa kegunaannya baik sebagai makanan dan obat-obatan. Jadi, tanaman yang satu ini bukan hanya menarik dari segi bentuknya saja. Ternyata memiliki berbagai macam manfaat yang luarbiasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *