Bonsai Aquascape

Diposting pada

Bonsai Aquascape – Bonsai aquascape memiliki bentuk serta keunikannya sendiri karena tumbuh dan berkembang pada media tanam yang ada di dalam aquarium. Tampilannya yang eksotis dan menawan membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakannya.

Ataupun aquascape berarti sebuatan untuk teknik seni membuat atau membenahi tanaman dalam aquarium yang paling cantik, interior lampu dan ikan bahkan juga udang menambahkan kesan-kesan alami seperti pada lautan yang luas.

Dalam kata lain miniatur dari kehidupan dalam laut atau sungai, adapun tumbuhan yang bisa hidup dalam air ini ada beberapa, seringkali beberapa pecinta bonsai aquascape ini bersama-sama untuk memburunya.

Berikut Panduan Membuat Bonsai Aquascape

Bonsai Aquascape

Aquascape merupakan seni merangkai air, tanaman, batu dan berbagai komponen lain ke dalam media kaca atau aquarium.

Agar desain tanaman terlihat lebih menarik, Anda bisa memasukkan bonsai sebagai komponen utamanya. Bagi Anda yang ingin mencobanya bisa mengikuti panduan dari situs bonsaikita.com sebagai berikut.

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Untuk membuat bonsai aquascape Anda membutuhkan beberapa peralatan sebagai berikut :

  • Cocopeat
  • Akar kayu
  • Batu
  • Moss atau bucephalandra
  • Gunting akar
  • Lem perekat yang kuat
  • Filter rokok, tisu atau kapas

2. Gunakan bahan yang berkualitas

Gunakan akar kayu rengganis maupun akar kayu rasamala agar lebih kuat. Pilihlah batu yang berkualitas seperti sandstone, laya rock dan erangga stone. Anda bisa menggunakan jenis tanaman bonsai apa, namun agar lebih ekonomis Anda bisa menggunakan moss.

Filter rokok digunakan untuk membuat lem perekat yang digunakan bisa berfungsi secara lebih optimal dan tidak mudah lepas ketika ditempeli moss. Jika tidak ada filter rokok, Anda bisa menggantinya dengan kapas atau tisu.

Penggunaan cocopeat bertujuan untuk menyamarkan bekas lem yang tersisa di pinggir permukaan.

Anda bisa mendapatkan cocokpeat di toko tanaman terdekat. Jika tidak ada Anda bisa menggantinya dengan serbuk kopi. Kedua bahan tersebut memiliki fungsi yang sama.

3. Tentukan desain model bonsai yang diinginkan

Sebelum membuat bonsai aquascape ada baiknya jika Anda mencari referensi modelnya terlebih dahulu agar lebih mudah. Anda bisa mendapatkan referensi gambar dari internet maupun majalah.

Model bonsai bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk membentuk model yang sesuai dengan keinginan. Anda bisa mengkombinasikan referensi dengan ide yang dimiliki.

4. Membuat kerangka awal

Sebelum membentuk bonsai, buatlah kerangkanya terlebih dahulu. Melalui kerangka Anda bisa lebih mudah untuk mengarahkannya. Pembuatan kerangka bisa merujuk pada desain bonsai yang ingin dibuat.

Bentuk bagian akarnya terlebih dahulu sehingga bisa menghasilkan fondasi yang bagus. Selanjutnya Anda bisa mulai membuat kerangka modelnya, apakah miring, bentuk kaki melebar dan lain sebagainya. Agar bonsai aquascape tidak mengambang saat di dalam air, ada baiknya jika bagian kaki dililit dengan batu.

5. Proses perekatan

Proses perekatan memerlukan lem dan media filter rokok yang sudah disiapkan sebelumnya. Filter rokok bisa Anda ganti dengan kapas atau tisu jika tidak ada. Tempelkan kapas ke bagian ujung akar yang satu dengan yang lainnya.

Gunakan lem perekat agar kapas bisa menempel dengan sempurna. Rekatkan kedua akar tersebut yang ingin dihubungkan sebelumnya agar lebih kokoh.

6. Menambahkan detail

Agar bonsai aquascape terlihat menarik dan indah, tambahkan beberapa detail pada bagian atas akar. Hal tersebut dilakukan untuk memperjelas kesan ranting pada bonsai. Pembuatan ranting bisa diambil dari bagian akar yang berukuran kecil.

Anda bisa menggunakan gunting agar untuk membentuk dahan yang sesuai dengan keinginan. Tempelkan akar kecil yang sudah dibentuk pada bagian atas agar membentuk dahan.

7. Penempelan

Setelah penambahan detail selesai, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah penempelan moss. Cara penempelan moss tidak jauh berbeda dengan pemasangan detail dahan.

Namun untuk memastikan tanaman bisa menempel dengan sempurna, Anda membutuhkan media tanam yang tepat. Media tanam berperan sebagai penampang yang terbuat dari batang akar yang tidak terpakai.

Batang akar dibentuk menjadi lempengan dan ditempel pada bagian atas bonsai. Letaknya harus berbentuk piringan sehingga moss bisa ditempel dengan mudah pada bagian penampang.

8. Proses penyempurnaan

Tahap penyempurnaan dilakukan untuk memastikan sejauh mana bonsai bisa diletakkan pada aquarium dan diberikan air.

Anda harus menambahkan cocopeat pada setiap bekas lem yang mungkin masih terlihat. Anda bisa mengoleskan cocopeat secara merata pada bagian bekas lem agar tersamarkan.

Proses pembuatan bonsai aquascape membutuhkan inovasi serta tingkat kreativitasan yang tinggi. Untuk itu Anda harus bersabar dan melakukannya secara bertahap. Hal tersebut perlu dilakukan agar bonsai dapat tumbuh dengan natural dan memiliki desain yang unik dan berkarakter.

Demikian itu lah terkait bonsai aquascape dari saya, terima kasih telah berkunjung dan mengikut di gubuk saya ini ya gaes. Jangan lupa komentar, anjuran dan selalu ikuti terus ya di BonsaiKita.com, Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *