Bonsai Anting Putri

Bonsai Anting Putri

Diposting pada

Bonsai anting putri – Bonsai anting putri merupakan salah satu variasi tanaman hias yang sangat populer karena memiliki bentuk yang cantik dan unik. Tak heran jika jenis tanaman yang satu ini dibandrol dengan harga yang cukup fantastis. Hal ini jugalah yang akhirnya membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakannya.

Memang tidak mudah membuat bonsai karena terdapat berbagai hal yang perlu Anda pelajari. Hal tersebut terjadi karena bonsai merupakan perpaduan antara seni dan botani yang membutuhkan teknik khusus untuk dapat membuatnya terlihat menarik.

Cara Membuat Bonsai Anting Putri Bagi Pemula

(Foto : Central Bonsai)

Bagi Anda yang baru saja menekuni bidang seni dan tanaman, menggunakan anting putri untuk membuat bonsai merupakan pilihan yang tepat. Selain cantik, tanaman ini sangat mudah dibudidayakan.

Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau dengan bentuk yang kecil dan memiliki bunga menggantung yang cantik sehingga terlihat mirip seperti melati. Jenis tanaman ini sangat populer dijadikan sebagai hiasan yang unik. Berikut cara membuatnya yang telah dirangkum situs bonsaikita.com.

  • Untuk menghasilkan bonsai yang menarik Anda perlu memiliki bakalan anting putri yang bagus dan sehat. Pilihlah anting putri dengan batang yang kokoh dan kuat agar memudahkan Anda dalam proses pelilitan kawat nantinya.
  • Siapkan media tanam yang berkualitas. Anda bisa menggunakan campuran pasir, humus, tanah dan kawat pengikat agar tanaman bisa tumbuh dengan lebih tegak dan sehat.
  • Media penopang digunakan untuk membantu akar tanaman agar tumbuh dengan lebih baik, karena tanaman baru cenderung memiliki akar yang kurang bertenaga untuk menopang.
  • Letakkan bakalan anting putri yang Anda tanam di bawah paranet agar tidak langsung terkena sinar matahari selama kurang lebih 2 minggu.
  • Setelah dua minggu, Anda bisa melakukan proses penyiraman sekitar 1x dalam sehari. Bisa dilakukan pada malam atau pagi hari saja. Proses ini bertujuan untuk menjaga kelembaban media tanam yang digunakan.
  • Setelah tanaman memiliki tunas serta bakal daun yang baru artinya anting putri telah siap untuk dibuat menjadi bonsai.
  • Teknik yang perlu diterapkan saat membuat bonsai cukup beragam dan memerlukan keahlian yang spesifik. Hal tersebut perlu dilakukan agar bisa menghasilkan bonsai dengan desain yang unik sehingga memiliki nilai seni tinggi.
  • Bagi Anda yang masih pemula bisa meminta arahan dari kerabat yang sudah lebih ahli dalam bidang seni bonsai agar lebih mudah untuk mempelajarinya. Anda juga bisa mencari panduan teknik bonsai di berbagai media internet.

Perawatan Bonsai Anting Putri

(Foto : Pinterest)

Setelah mengetahui cara pembuatannya, Anda juga perlu memahami proses perawatannya dengan baik agar bonsai bisa tumbuh sesuai dengan rencana. Anting putri merupakan tanaman yang membutuhkan perawatan spesifik agar bisa tumbuh dengan baik. Berikut proses perawatan yang bisa Anda lakukan.

1. Pemangkasan daun

Anda perlu memangkas daun yang sudah menguning. Proses pemangkasan harus dilakukan secara teliti dan tidak bisa dilakukan asal-asalan karena bisa mempengaruhi hasil dari desain bonsai yang dibuat.

  • Baca Juga : Sejarah & Jenis Bonsai Terbaik

Anda bisa memangkas daun dengan cara mengunting atau mencabutnya saja. Jika Anda ingin membuat ukuran daun yang lebih kecil, sebaiknya semua daun dipangkas semua.

Ketika menggunting daun usahakan untuk memegang batang atau ranting dengan benar agar tidak ikut terpotong atau patah.

2. Penyiraman

Proses penyiraman bisa Anda lakukan 1x saja dalam sehari. Usahakan agar air tidak mengendap pada dasar wadah karena bisa membuat akar tanaman menjadi busuk. Gunakan teknik spray untuk menyiram bonsai.

3. Pencahayaan

Agar tanaman bonsai dapat tumbuh dengan baik, Anda harus meletakkannya pada area yang terkena sinar matahari cukup selama kurang lebih 4 jam dalam sehari.

4. Asupan gizi

Perhatikan asupan gizi yang diberikan, kekurangan asupan gizi akan membuat pertumbuhan bonsai mengalami penghambatan sehingga tidak bisa tumbuh dengan maksimal.

Untuk merawatnya Anda perlu memberi pupuk dengan intensitas 1 bulan sekali dengan menggunakan jenis pupuk NPK atau sejenisnya.

5. Media tanam

(Foto : Lazada)

Untuk menjaga kualitas media tanam yang digunakan, Anda perlu memperbaharuinya secara berkala. Penggantian media tanam perlu dilakukan sekitar 3 tahun sekali agar bonsai dapat tumbuh secara optimal.

Dengan mempelajari cara membudidayakan bonsai anting putri Anda bisa menghasilkan tanaman hias yang unik dan menarik. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara bagi Anda untuk menyalurkan hobi dan jiwa seni yang dimiliki. Selain indah, tanaman ini juga memiliki aroma harum yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *