Bonsai Anggur

Diposting pada

Bonsai Anggur – Mengingat betapa banyaknya jenis tanaman bonsai yang ada di Indonesia. Salah satu jenis yang paling banyak dilirik oleh masyarakat adalah bonsai anggur. Apalagi buahnya bisa dikonsumsi dan dikenal banyak orang dapat memberikan nilai estetik pada teras rumah. Itulah kenapa banyak dipilih.

Cara Menanam Bonsai Anggur dengan Benar

Bonsai Anggur

Selain mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, bonsai anggur ini juga bisa ditanam untuk menghias bagian pekarangan rumah Anda. Tampilannya yang cukup unik dan menarik, bisa membawa suasana menenangkan di rumah. Apalagi ketika melihat buahnya tumbuh sehat.

1. Menentukan Jenis Anggur

Cara pertama yang harus Anda perhatikan dulu adalah menentukan jenis anggurnya terlebih dahulu. Mengingat anggur sendiri memiliki banyak macam jenisnya, jadi harus ditentukan dulu mana yang ingin dibudidayakan di rumah. umumnya, jenis anggur bisa dibedakan dari bentuk, rasa, warna, daun.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Jikalau hendak mencari jenis anggur terbaik, Anda bisa mencari referensinya secara online di internet. Lalu pastikan juga memeriksa kondisi iklim di sekitar daerah tempat tinggal. Misalnya saja mulai dari paparan sinar matahari, tingkat kelembapan, pH tanah karena bisa memengaruhi anggur.

2. Memilih Bibit Bonsai Anggur

Setelah memilih jenis anggur yang ingin dibudidayakan di rumah, kini saatnya Anda menentukan bibit anggur yang bagus. Di zaman modern seperti sekarang ini, customer akan lebih mudah mendapatkan bibit bonsai terbaik semacam ini. Dikarenakan sudah banyak terjual secara online.

Bisa juga membeli bibit bonsai anggurnya di penjual bibit anggur di daerah sekitar Anda. Saat masuk ke dalam tahapan pemilihan bibit. Pilihlah bibit dari bonsai yang unggul, pilih tekstur yang kokoh dan juga kuat. Lalu diameter bibitnya juga harus baik, setidaknya berukuran 1 cm dan warnanya cokelat.

3. Menyiapkan Pot untuk Bonsai Anggur

Mengingat Anda yang akan menanam buah anggur dengan teknik bonsai, maka dari itu harus menggunakan pot sebagai media tanam terbaiknya. Pilih saja pot yang memiliki aneka macam bentuk sesuai keinginan, karena bentukan dari pot itu sama saja dan tidak memengaruhi bonsainya.

  • Baca Juga : Pengertian Bonsai Kopi dan Karakteristiknya

Namun, paling tidak pilihlah pot bonsai anggur dengan ukuran sekitar 30 x 40 cm paling minimal. Jika Anda memilih pot yang ukurannya besar, maka akan semakin banyak buah anggurnya bisa tumbuh. Kemudian, pilihlah pot yang terbuat dari tanah liat. Dikarenakan pot tersebut punya pori lebih besar.

4. Menyiapkan Media Tanam Bonsai Anggur

Setelah menyiapkan pot untuk bonsai anggur, Anda juga harus mempersiapkan media tanamnya seperti tanah. Perlu diketahui, bahwa pohon anggur ini sangat memerlukan media tanam yang mempunyai sirkulasi air serta udara yang cukup baik. Jika airnya menggenang, justru membuatnya busuk.

Media tanam dan bahan yang harus dipersiapkan, yaitu tanah, sekam bakar, pasir, kohe kambing, kapur dolomit, serta pecahan batu bata atau pecahan genting. Setelah itu, campurkan paasir, kohe, sekam dan tanah dengan perbandingan 1:2:1:0,5. Lalu lanjutkan seperti menanam pada umumnya.

5. Menanam Bibit Bonsai Anggur

Setelah mempersiapkan media tanamnya secara lengkap, saatnya menanam bonsai anggur tersebut. Pertama, gunakan pecahan genting sebelumnya atau bahkan bisa juga batu bata sebagai media tanam dasar. Lalu campurkan media tanam lain seperti pasir, kohe kambing, tanahg dan sekam.

Campurkan sampai ¾ bagian potnya, lalu buat lubang pada tengah pot dengan diameter lebih besar dari polybag bibit. Masukkan bibit ke dalam lubang, pastikan posisi bibitnya bediri tegak, tambahkan media tanam sebelumnya secukupnya saja. Siram bibit anggur dan simpan di tempat cukup sinar.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga informatif dari BonsaiKita.com bagi Anda yang ingin menanam bonsai anggur dengan baik dan benar. Dari pembahasan di atas, lakukan sesuai step by step. Supaya hasil dari pertumbuhan buah anggurnya bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *