Bonsai Adenium

Bonsai Adenium

Diposting pada

Bonsai Adenium – Bonsai adenium memiliki ciri khas pada bagian bonggolnya yang menyerupai umbi. Bonggol besar yang dimiliki adenium berfungsi sebagai wadah untuk dapat menampung cadangan air yang lebih banyak.

Hal tersebutlah yang membuat bunga adenium mampu bertahan pada iklim dan cuaca yang panas. Jika dirawat dengan baik, tanaman ini bisa tumbuh hingga memiliki ketinggian sekitar 4 meter. Tanaman ini memiliki bentuk yang indah dan unik sehingga mampu memancarkan keindahan tersendiri.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Bonsai Adenium

(Foto : Pikiran Rakyat)

Tanaman ini termasuk dalam jenis famili apocynaceae yang bisa hidup didaerah kering seperti pada padang pasir. Awalnya jenis tanaman ini banyak ditemukan pada padang pasir yang berada didaerah Afrika Selatan yang dapat dijadikan bonsai.

Namun sering perkembangannya, saat ini mulai merambah ke berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Meskipun adenium merupakan salah satu tanaman yang mudah dirawat, namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Simak informasinya sebagai berikut.

1. Kebutuhan Air

Pada dasarnya, jenis tanaman ini tidak terlalu membutuhkan banyak air karena mampu bertahan hidup pada lingkungan yang kering dan panas. Untuk itu Anda tidak perlu terlalu sering menyiramnya.

Anda bisa menyiram tanaman ini dengan frekuensi yang disesuaikan dengan cuaca. Saat cuaca sangat panas, siramlah adenium 1-2 kali sehari.

Teknik penyiraman yang paling cocok untuk tanaman ini adalah sprayer sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu. Anda perlu mengecek kondisi tanaman secara rutin untuk memastikan kesehatannya.

2. Media tanah

Jenis tanaman ini sebaiknya ditanam dengan menggunakan media tanah yang berporositas baik. Tanah dengan porositas baik memiliki kemampuan untuk menyerap air dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu sirkulasi udara yang ada pada tanah juga bisa berjalan dengan lebih optimal.

Tanah porositas membantu adenium lebih mudah menyerap nutrisi yang dibutuhkannya. Anda bisa mencampurkan tanah dengan sekam mentah, cocopeat, kompos dan akar sekam untuk hasil yang lebih baik.

3. Wadah yang digunakan

(Foto : Bukalapak)

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan adenium adalah wadah yang digunakan. Adenium akan tumbuh dengan bentuk bonggol yang lebih unik dan artistik jika ditanam pada wadah yang dangkal.

Hal tersebut terjadi karena akar adenium yang cenderung ke bawah tidak dapat menemukan makanan sehingga membuatnya naik ke bagian atas yang dikelilingi oleh wadah.

Penggunaan polybag untuk tanaman ini sangat tidak disarankan karena akan membuat akarnya menjadi kurus dan panjang.

4. Sirkulasi udara

Sirkulasi udara akan membantu tanaman bisa tumbuh dengan lebih baik dan sehat. Adenium merupakan jenis tanaman yang tidak menyukai lingkungan lembab sehingga Anda perlu meletakkannya pada tempat kering yang higienis.

Adenium yang diletakkan pada tempat lembab akan memiliki tingkat imunitas yang lebih rendah sehingga lebih rentan terkena penyakit dan hama. Agar adenium dapat tumbuh dengan subur Anda perlu memperhatikan lokasi penempatannya dengan baik.

5. Sinar matahari

(Foto : Bibit Online)

Sinar matahari memiliki peranan yang sangat penting untuk proses pertumbuhan tanaman. Untuk itu Anda harus meletakkan adenium pada tempat yang terkena sinar matahari cukup.

Penyinaran yang baik akan membuat adenium cepat berbunga dan memiliki batang serta daun yang lebih sehat.

Usahakan untuk menaruh adenium selama 4 jam sehari di bawah sinar matahari. Dengan begitu adenium bisa berkembang dengan baik dan menghasilkan bunga yang indah.

Kesimpulan

(Foto : Insvira)

Di saat pembentukan tanaman adenium jadi seperti bonsai, karena itu pada waktu itu kita bisa lakukan pembentukan tanaman sampai seperti apa yang kita harapkan. Seharusnya tidak boleh gunakan kawat sebagai alat penyangga tanaman apabila kulit tanaman gampang terluka.

Mencari alat yang aman supaya kulit tangkai tidak terluka, bila kulit tangkai telah terluka. Maka berpengaruh jelek pada tanaman adenium itu. Tanaman akan gampang diserang oleh bakteri dan penyakit, bila kulit pada tangkai tanaman ada yang terluka, maka sebaiknya kita harus segera mengatasinya.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut Anda bisa merawat bonsai adenium dengan baik sehingga dapat tumbuh dengan indah. Tanaman ini akan menghasilkan bunga dengan warna yang cantik dan memikat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *