Belajar Bonsai
Belajar Bonsai

Belajar Bonsai

Diposting pada

Belajar Bonsai – Bonsai telah dikenal sebagai tanaman hias yang paling banyak digemari. Mulai dari ibu rumah tangga sampai dengan orang dewasa dan remaja juga menyukainya. Tidak heran, jika banyak yang belajar bonsai untuk bisa memiliki dan juga merawat tanaman indah tersebut di rumah.

Cara Belajar Bonsai

(Foto : Pinterest)

Berbicara mengenai cara membuat tanaman bonsai. Tentu saja Anda harus berupaya untuk mengetahui informasi terkait bagaimana cara melakukannya. Dengan begitu, bisa dimulai proses pembuatan tanamannya. Namun, pada umumnya caranya tidak begitu sulit. Berikut langkahnya.

1. Melakukan Pemlilihan Bibit Tanaman yang Tepat dan Berkualitas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengetahui cara pembuatan tanaman bonsai, yaitu dengan melakukan pemilihan bibit tanaman terbaik dan berkualitasnya terlebih dahulu. Pada umumnya, bibit ini bisa didapatkan dari alam atau bahkan dari perbanyakan pun juga bisa.

Saat proses memilih bibit terbaik, pastikan berasal dari tanaman dikotil. Lalu memastikan tanamannya mempunyai umur yang cukup panjang, memiliki daya tahan terhadap segala macam kondisi, bentuknya harus indah secara alami dan mampu bertahan dalam menghadapi detraining.

2. Pilihlah Media Tanaman Bonsai yang Tepat

Belajar bonsai itu jangan setengah – setengah, Anda juga harus memerhatikan media tanamnya juga. Biasanya wadah dari tanah tanaman satu ini, banyak orang menggunakan pot tipis dan juga kecil. Namun, hal tersebut sepenuhnya salah karena justru menjadikan nutrisi tanamannya terbatas.

Akan lebih baik jika Anda memilih media tanam yang memiliki kandungan nutrisi serta bahan mineral yang cukup tinggi. Hal tersebut bertujuan supaya bonsainya bisa tumbuh dengan cukup baik, walaupun ruang untuk ia tumbuh terbatas. Pilih media tanam seperti, pasir, tanah merah / gunung.

3. Pilihlah Pot Tanaman Bonsai Terbaik

Setelah memilih media tanam yang bagus untuk bonsai. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih pot terbaik. Ada baiknya Anda menggunakan pot yang mempunyai bentuk seperti baki dan juga memiliki lubang pembuangan air. Kemudian, isikan potnya dengan 4 medium tanam.

Untuk urutannya, yaitu dimulai dari pemberian batu kedap air di bagian dasar pot yang sudah Anda pilih. Kemudian, campurkan dengan tanah atau bahkan batu berukuran kecil untuk lapisan berikutnya. Berikan lapisan tanah maupun pasir, agar aliran airnya mudah keluar dari pot.

4. Melakukan Penanaman dan Pemeliharaan

(Foto : Pinterest)

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan penanaman bakalan tanaman bonsainya ke pot. Caranya cukup mudah, Anda tancapkan saja batang dari bakalannya ke tengah pot. Kemudian, siramilah dengan menggunakan sprayer halus. Pastikan air yang digunakan tersebut tidak berlumpur.

Gunakan saja air yang netral atau tawar saja lebih baik. Ketika air sudah mulai mengalir ke luar. Lebih tepatnya dari bawah pot, sudahi penyiramannya lalu simpan potnya ke tempat yang lebih teduh. Supaya bibitnya cepat tumbuh, Anda bisa menutui tanamannya dengan plastik transparan.

5. Perawatan serta Melakukan Pembentukan Bonsai

Perlu Anda ketahui, bahwa bakal tanaman bonsai yang siap dibentuk itu adalah bagian akarnya sudah tidak goyah. Gunakan kawat kuningan atau bahkan tali rafia untuk bisa mengatur ke arah mana tumbuhnya tanaman bonsai tersebut.

Konsepnya, tidak jauh berbeda ketika Anda menggiring pertumbuhan dari tanaman rambat. Akan tetapi, perbedaannya hanya pada bagian tekanannya. Jadi, harus memberikan sedikit tekanan yang lebih kuat. Mengingat batang bonsainya cenderung memiliki tekstur yang keras.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail, mengenai cara belajar bonsai. Lebih tepatnya belajar untuk membuat tanaman indah tersebut, agar tampilannya tampak lebih menarik serta pertumbuhannya bisa jadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *