Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat Memperingati Hari Keluarga Nasional

Aqiqah Keluarga Indonesia – Pada tradisi umat Islam, saat seseorang baru saja melahirkan seorang anak umumnya akan dirayakan dengan acara aqiqah.

Adapun tujuannya tidak lain untuk mengungkapkan kebahagiaan sekaligus sebagai tanda rasa syukur kepada Allah. Terlebih, sudah tersedia Aqiqah Keluarga Indonesia.

Pahami Dahulu Pengertian Aqiqah

Perlu Anda pahami, bahwa jika diartikan secara bahasa adalah rambut anak yang baru saja lahir. Kemudian apabila diartikan secara istilah, maka aqiqah adalah penyembelihan hewan qurban karena kelahiran seorang bayi dalam sebuah keluarga.

Hal tersebut dilakukan sebagai ucapan rasa syukur karena sudah mendapatkan keturunan. Adapun penyembelihan hewan tersebut umumnya berupa hewan ternak seperti kambing.

Setelah itu, dibagi-bagikan kepada keluarga maupun tetangga sekitar. Untuk bentuk pembagiannya sendiri perlu dalam keadaan sudah matang. Hal ini berarti tidak boleh mentah seperti daging kurban.

Sekarang ini sudah tersedia layanan dari jasa Aqiqah Nurul Hayat. Dengan begitu, akan sangat mudah merencanakan acara aqiqah siap saji dengan memanfaatkan jasa.

Kapan Melaksanakan Acara Aqiqah?

Umumnya, acara aqiqah akan dilakukan pada hari ke-7, ke-14, atau ke-21 saat seorang anak sudah lahir.

Untuk anak jenis kelamin laki-laki sendiri perlu memotong dua ekor kambing saat melaksanakannya. Berbeda dengan anak perempuan hanya memerlukan satu ekor kambing saja.

Rasulullah dan para ulama sendiri menyepakati bahwa waktu pelaksanaan yang baik adalah di hari ke-7 setelah kelahiran anak.

Akan tetapi, apabila terdapat halangan karena suatu hal maka acara tersebut dapat dilakukan pada hari ke-14 ataupun ke-21.

Kemudian, saat seseorang berada dalam keadaan ekonomi kurang bagus, maka kewajiban melakukannya tersebut menjadi gugur.

Dengan begitu, jika benar-benar tidak mampu maka tidak mengapa jika meninggalkan atau tidak melakukan ibadah tersebut.

Apa Saja Keutamaannya?

(Source : aqiqahnurulhayat.com)

Rasulullah menyebutkan keutamaannya beberapa kali. Melansir BonsaiKita.com kata aqiqah sendiri mempunyai dua makna.

Pertama yakni memotong rambut bayi setelah lahir, dan kedua adakan melakukan penyembelihan hewan. Lantas, apa saja keutamaannya? Di bawah ini selengkapnya:

1. Melaksanakan Sunnah Rasulullah

Keutamaan pertama saat melaksanakan adalah mendapat pahala. Hal ini tidak lain karena melaksanakan sunnah dari Rasulullah.

Baca Juga :   Asuransi Mobil Terbaik Tahun Ini

Selain itu, pelaksanaannya juga bisa menjadi bukti bahwa seseorang mencintai Rasulullah serta agama Islam.

Pasalnya, seluruh sumber dasar Islam terdapat pada Al-Quran dan As-Sunnah. Sedangkan aqiqah adalah salah satu sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh Rasulullah.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mendapatkannya agar memperoleh pahala.

2. Melindungi Anak dari Gangguan Setan

Perlu Anda pahami, bahwa pelaksanaan tersebut mengandung unsur perlindungan dari setan yang mengganggu anak ketika baru saja lahir.

Hal tersebut berarti ketika seorang anak sudah ditunaikannya, maka ia akan lebih terlindung dari gangguan setan.

Terutama setan yang sering mengganggu anak-anak. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika dari awal menyisihkan uang agar nantinya dapat melaksanakan acara aqiqahan tersebut.

Terutama ketika anak sudah lahir agar mendapatkan keutamaan satu ini.

3. Sebagai Tebusan bagi Anak

Keutamaan lain dari pelaksanaan tersebut adalah sebagai tebusan untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak di hari kiamat. Hal ini bahkan sudah dijelaskan oleh Imam Ahmad.

Bahwa anak tergadai dari memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya lewat aqiqah.

Terlebih, proses dapat dilakukan dalam beberapa waktu. Setiap orang tua dapat memilih salah satu waktunya yang paling sesuai dengan kondisi ekonomi.

Terlebih, sudah ada banyak layanan jasa menawarkan aqiqah siap saji sehingga semakin mudah melaksanakannya.

4. Mendekatkan Diri kepada Allah

Saat seseorang melaksanakan kewajiban tersebut ke anaknya, maka ini bisa menjadi salah satu bentuk pendekatan diri kepada Allah.

Bisa juga sebagai wujud rasa syukur dan terimakasih kepada Allah karena sudah dikaruniai anak. Itulah mengapa penting mengadakan acara tersebut.

Terlebih, sebagai orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Oleh karena itu, pastikan Anda melaksanakan acara sebagai salah satu langkah untuk memberikan hal terbaik bagi si kecil sebagai salah satu sarana bersyukur kepada sang pencipta.

5. Ungkapan Rasa Bahagia

Seperti pada penjelasan sebelumnya, pelaksanaannya juga bisa menjadi salah satu sarana untuk menunjukkan rasa gembira.

Pasalnya, dalam sebuah keluarga sudah dikaruniai seorang anak. Setiap suami istri sendiri tentu menanti-nantikan kedatangan si kecil tersebut.

Dengan melaksanakannya, maka bisa jadi bentuk rasa syukur karena sudah mendapatkan keturunan. Kemudian, diharapkan nantinya sosok anak tersebut taat dengan syariat Islam.

Itulah mengapa penting melaksanakan aqiqah. Baik itu untuk anak laki-laki ataupun perempuan.

Baca Juga :   Mengenal Jenis-jenis Lakban Serta Fungsinya

6. Mempererat Tali Persaudaraan

Acara itu juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan. Pasalnya, acara ini dilakukan dengan cara membagi-bagikan daging kambing dalam bentuk yang sudah matang. Dengan begitu, diharapkan dapat menguatkan tali persaudaraan.

Selain itu, anak juga akan didoakan untuk mendapatkan kebaikan. Tidak heran jika dalam setiap pelaksanaannya dapat membantu sebuah keluarga erat kembali persaudaraannya dengan keluarga lainnya. Untuk itu, jangan melewatkan untuk menyelenggarakan acara satu ini.

7. Menghilangkan Penyakit dan Kotoran

Keutamaan aqiqah anak juga dapat menghilangkan kotoran maupun penyakit. Hal ini tidak lain karena acaranya disertai dengan kegiatan mencukur rambut bayi.

Adapun pelaksanaan tersebut dilakukan dengan niat menghilangkan baik kotoran atau penyakit.

Selain itu, saat melaksanakan acara ini juga bisa disertai dengan pembacaan Al-Quran 30 juz, pembacaan tahlil dan yasin, serta doa-doa lainnya.

Tidak heran jika keutamaannya juga dapat meningkatkan ibadah dan rasa cinta kepada Allah.

8. Mendoakan Anak

Pelaksanaan nantinya akan disertai doa-doa. Adapun tujuannya tidak lain yakni mendoakan bayi. Tidak heran jika nantinya bisa jadi salah satu langkah untuk mendoakan si kecil dari banyak orang. Itulah mengapa keutamaannya sangatlah penting bagi si kecil.

Selain itu, acara tersebut juga dilakukan dengan membagi-bagikan daging kambing yang sudah matang.

Selain dapat meningkatkan rasa solidaritas sesama muslim dan keluarga tetapi juga dapat menjadikan penerima masakan tersebut mendoakan anak juga.

Solusi Aqiqah Keluarga Indonesia

Apakah Anda ingin melaksanakan acara tersebut dengan mudah dan praktis? Jika iya, maka solusinya adalah menggunakan jasa Aqiqah Nurul Hayat.

Merupakan pelopor aqiqah siap saji yang sudah berdiri sejak tahun 2003 lalu. Tentu tidak perlu meragukan lagi kualitas dan pengalamannya.

Dengan menggunakan layanan jasa ini, maka Anda sudah tidak perlu lagi kerepotan mengolah daging kambing.

Pasalnya, seluruh proses memasak akan dilakukan oleh jasa tersebut hingga siap dibagikan. Tunggu apa lagi, laksanakan sekarang juga sebagai bentuk meningkatkan ibadah dengan memakai jasa ini.

Untuk memperingati Hari Keluarga Nasional tepat pada tanggal 29 Juni 2022 nanti Nurul Hayat dan Casa Kreatif mengadakan perlombaan menulis.

Tentu tidak ada salahnya mencoba berpartisipasi pada acara tersebut. Setiap pemenang nantinya akan mendapatkan sertifikat dan sejumlah uang tunai.

Itu tadi penjelasan tentang aqiqah. Kini setiap keluarga dapat melaksanakan Aqiqah Keluarga Indonesia menggunakan jasa di atas.

Jangan lewatkan juga lomba menulisnya dan cek mekanisme lomba langsung di website Casa Kreatif (https://casakreatif.com/kontes-blog-hari-keluarga-nasional-x-aqiqah-nurul-hayat/)

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News