Mengenal Apa Itu Outsourcing dan Fakta Mitos Penggunaan Jasa Outsourcing

Apa Itu Outsourcing – Pemahaman tentang apa itu outsourcing mungkin belum sepenuhnya dimengerti oleh masyarakat di Indonesia. Buktinya sampai sekarang masih ada banyak mitos dan desas-desus mengenai apa itu outsourcing yang beredar. 

Padahal sistem outsourcing ini sudah sering diterapkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Mari cari tahu apa saja mitos dan fakta yang beredar mengenai jasa outsourcing ini. 

Apa Itu Outsourcing?

Sebelumnya, penting untuk memahami apa sebenarnya outsourcing itu. Outsourcing merupakan sebuah metode untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang dilakukan oleh perusahaan. Tenaga kerja akan diperoleh dari pihak ketiga yang nantinya disebut sebagai perusahaan outsourcing

Ada banyak manfaat outsourcing bagi perusahaan. Salah satunya adalah mempermudah perusahaan untuk bertemu dengan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan. Selain itu metode ini juga membantu perusahaan untuk menghemat biaya operasional dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja.

Namun bagi sebagian pihak, outsourcing memiliki kesan yang negatif. Hal ini disebabkan oleh banyaknya mitos dan desas-desus yang beredar mengenai outsourcing. Apa saja mitos tersebut dan bagaimana perbandingan dengan fakta yang sebenarnya? 

Fakta dan Mitos Penggunaan Jasa Outsourcing di Indonesia

Sistem outsourcing sebenarnya cukup populer di Indonesia. Sudah banyak perusahaan yang merasa diuntungkan dengan adanya sistem pemenuhan tenaga kerja seperti ini. Supaya bisa mengenal metode outsourcing dengan lebih lengkap, mari kenali fakta dan mitos yang berhubungan dengan jasa outsourcing tersebut.

1. Kendali Perusahaan

Poin pertama adalah tentang kendali perusahaan. Banyak mitos yang menyebutkan bahwa kendali perusahaan jadi semakin lemah jika menggunakan jasa outsourcing. Hal ini disebabkan oleh kendali akan jauh lebih kuat dipegang oleh perusahaan outsourcing tersebut. 

Baca Juga :   Penting! Ini Tips Perawatan Smart CCTV di Alun-Alun Kota

Sementara itu perusahaan aslinya yang memakai tenaga kerja tidak mempunyai kuasa penuh. Ini merupakan opini yang salah karena tidak terbukti benar adanya. 

Faktanya, perusahaan tidak kehilangan kendali dan tetap memiliki peran utuh. Keputusan bisnis dan operasional tetap berada di tangan perusahaan, bukan ditentukan oleh pihak outsourcing

Sebagai contoh, perusahaan hanya akan mengambil tenaga kerja dari pihak outsourcing. Nantinya kendali atas pengaturan tanggung jawab dan tugas tenaga kerja tetap sepenuhnya diatur oleh perusahaan itu sendiri. Jadi tidak ada penurunan kendali meskipun ada jalinan kerja sama dengan perusahaan outsourcing

2. Jumlah Anggaran

Banyak pihak menyebutkan bahwa jumlah anggaran untuk mempekerjakan tenaga outsourcing jauh lebih besar. Hal ini disebabkan oleh adanya jangka waktu penggunaan tenaga kerja dari pihak outsourcing

Perusahaan dinilai akan mengeluarkan anggaran lebih banyak karena ada pemberlakukan biaya berulang. Apakah ini mitos atau fakta? Ini merupakan sebuah mitos karena pada kenyataannya outsourcing justru akan meringkas biaya operasional sebuah perusahaan. 

Saat akan merekrut tenaga kerja baru, perusahaan pasti akan menyediakan anggaran khusus. Jika menggunakan jasa outsourcing maka biaya rekrutmen bisa dihemat. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya rekrutmen, biaya pelatihan, dan biaya lain-lain. 

Biaya tersebut sudah menjadi tanggungan perusahaan outsourcing. Inilah yang mejadi salah satu manfaat outsourcing bagi perusahaan yang sangat menguntungkan.

3. Gaji yang Diterima

Masyarakat mengenal bahwa gaji yang diterima oleh pekerja outsourcing jauh lebih kecil. Ini merupakan fakta karena pada dasarnya gaji yang diperoleh pekerja outsourcing tidak didapatkan langsung dari perusahaan. 

Perusahaan akan memberikan uang kepada perusahaan outsourcing. Nantinya perusahaan inilah yang akan mengatur dana gaji untuk tenaga kerja. Umumnya setiap perusahaan outsourcing akan memberlakukan sistem potongan yang berbeda-beda. 

Potongan ini diberlakukan sebagai biaya jasa dari perusahaan penyalur tenaga kerja. Jadi memang tak salah jika masyarakat menilai bahwa gaji yang diterima oleh tenaga kerja hasil outsourcing memang lebih rendah dari tenaga kerja yang langsung direkrut oleh perusahaan. 

Baca Juga :   5 Cara Mendapat Bitcoin dengan Mudah di Dunia Trading

4. Keamanan Data Perusahaan

Poin berikutnya yang membuat perkembangan mitos tentang outsourcing semakin kuat adalah keamanan data dari perusahaan. Banyak pihak menyebutkan bahwa keamanan data perusahaan yang menggunakan tenaga kerja outsourcing tidak akan terjamin aman. 

Hal ini disebabkan oleh tenaga kerja yang terlibat bukanlah bagian langsung dari perusahaan tersebut, tetapi dari pihak ketiga. Hal ini sebenarnya tidak salah namun juga bukan berarti menjadi halangan bagi perusahaan untuk menggunakan tenaga kerja outsourcing

Pada dasarnya akan selalu ada risiko yang mengancam keamanan data perusahaan. Baik itu saat perusahaan memakai tenaga kerja outsourcing maupun tidak. Selama perusahaan menerapkan sistem dan aturan pembatasan yang tepat maka data penting akan tetap aman. 

Pemenuhan Tenaga Kerja Outsourcing melalui Staffing Digital

Terlepas dari fakta dan mitos tentang jasa outsourcing, Anda harus tetap mempunyai kriteria tersendiri dalam mencari jasa outsourcing terbaik. Bagi Anda pengelola perusahaan yang saat ini butuh tenaga kerja dengan sistem outsourcing, Workmate Indonesia akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja secara tepat sasaran dan tidak perlu membuang waktu rekrutmen terlalu lama. 

Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Staffing Digital Workmate Indonesia:

1. Tenaga Kerja Lebih Cepat Tersedia

Penyediaan tenaga kerja oleh Workmate Indonesia bisa berjalan lebih cepat dan tentunya tepat sesuai kebutuhan perusahaan.

2. Sistem Absensi Lebih Efektif

Tersedia sistem absensi yang jauh lebih efektif tanpa menggunakan timesheet manual.

3. Anggaran Lebih Hemat

Proses pemenuhan kebutuhan tenaga kerja dengan sistem outsourcing ini jauh lebih terjangkau dan bisa hemat anggaran sampai 30% dibanding konvensional.

4. Rekrutmen Lebih Efisien

Proses rekrutmen tenaga kerja jadi lebih efisien karena menggunakan sistem digital. 

Setelah memahami apa itu outsourcing menurut BonsaiKita.com, kini Anda bisa membuat keputusan dengan bijak. Jika membutuhkan tenaga kerja outsourcing untuk perusahaan Anda, Workmate Indonesia bisa menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Untuk mendapatkan tenaga kerja berkualitas sesuai kebutuhan, temukan di sini.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News