BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

27 September 2022

Keunggulan Pupuk Organik – Sekarang ini banyak petani yang memilih menggunakan obat-obatan kimia produksi pabrik untuk mendorong pertumbuhan tanaman secara maksimal, karena dianggap praktis dan kandungannya lebih bagus. Padahal jika dikupas mendalam ternyata banyak keunggulan pupuk organik yang tidak diketahui oleh masyarakat luas.

Ragam Keunggulan Pupuk Organik

Keunggulan Pupuk Organik
5 Keunggulan Pupuk Organik untuk Tumbuhan

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahkan mungkin menganggap rendah pupuk organik buatan rumahan dibandingkan anorganik atau kimia. Namun, jika dicari lebih mendalam ternyata produk obat-obatan tanaman dari bahan alami ini memiliki beragam keunggulan pupuk organik, di antaranya seperti berikut:

1. Bahan Pembuatannya Mudah Dicari

Sudah jelas seperti namanya, pupuk organi ini dibuat menggunakan bahan alami yang ada dilingkungan sekitar, contohnya dedaunan, kotoran hewan ternak, jerami, sisa makanan serta masih banyak lainnya.

Semua bahan-bahan alami tersebut sangat mudah ditemui, bahkan hampir keseluruhan bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Perlengkapan yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya juga sangat sederhana dan banyak dijual di toko-toko alat pertanian.

2. Harganya Jauh Lebih Murah

Seperti dijelaskan sebelumnya jika pupuk organik ini dibuat dari bahan-bahan alami yang terdapat di lingkungan sekitar. Tentunya material tersebut bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma, kalaupun harus membelinya harganyapun tidak mahal.

Proses pembuatannya pun bisa dikerjakan sendiri tentu biaya operasional yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar, dari perhitungan tersebut tentu harganya jauh lebih murah dibandingkan harus membeli pupuk anorganik atau kimia.

3. Proses Pembuatannya Lebih Mudah

Selain bahan-bahan pembuatannya banyak ditemui dan bisa didapatkan secara cuma-cuma, keunggulan pupuk organik ini ditinjau dari proses pembuatannya, karena caranya cukup mudah siapapun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Jika tertarik untuk membuatnya, Anda bisa memanfaatkan sampah-sampah rumah tangga seperti kompos ataupun sisa bahan bahan makanan untuk difermentasi. Perlengkapan yang dibutuhkan pun juga seadanya seperti cangkul, sekop serta karung goni.

4. Tidak Beresiko Menyebabkan Tanaman Keracunan

Kandungan dalam pupuk organik ini memiliki banyak peran penting, salah satunya membantu melepaskan unsur hara dapat berjalan terus-menerus secara perlahan, sehingga mencegah terjadinya ledakan suplai yang berakibat terjadinya keracunan pada tanaman.

Bukan hanya itu, kandungan dalam pupuk organik tersebut juga berperan sebagai penghubung sehingga unsur hara yang terkandung di tanah bisa berubah menjadi partikel ion, sehingga akar tanaman lebih mudah menyerapnya.

5. Meningkatkan Kesuburan Tanah

Salah satu keunggulan pupuk organik dapat meningkatkan kesuburan tanah jika digunakan secara berkala dan rutin, karena kandungan nutrisinya dapat mencegah terjadinya pengikisan lapisan tanah yang banyak mengandung unsur hara.

Kandungan dalam pupuk organik ini juga berperan dalam menjaga kestabilan Ph dan keasaman, jika kelembapan stabil maka sturuktur tanah akan semakin meningkat, tentunya hal ini juga berpengaruh pada kesuburan.

6. Ramah Lingkungan

Pupuk organi ini dibuat menggunakan bahan-bahan alami dengan sistem fermentasi, sehingga menghasilkan banyak kandungan asam seperti humic, fulfic, hormon serta enzim yang aman bagi tanaman, tanah, mikroorganisme serta ekosistemnya.

Kandungan dalam pupuk organik ini aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berakibat mengganggu sistem ekosistem dan kesehatan manusia meskipun digunakan terus-menurus, malah sebaliknya justru meningkatkan kualitas tanah serta menjaga keseimbangan lingkungan.

7. Tidak Menyebabkan Ketergantungan

Penggunaan pupuk organik yang terus-menerus ini, baik dalam jumlah kecil ataupun besar tidak menyebabkan efek samping ketergantungan maupun peningkatan dosis semakin tinggi, sehingga aman digunakan dalam kurun waktu lama.

Hal ini jelas berbeda jika Anda menggunakan pupuk anorganik atau kimia, apabila digunakan dalam kurun waktu lama maka menyebabkan ketergantungan dan meningkatkan dosisnya, padahal dengan begitu dapat mengakibatkan kondisi tanah menjadi buruk.

8. Tidak Membunuh Semua Mikroorganisme

Salah satu keunggulan pupuk yang dibuat dari bahan-bahan alami karena menghasilkan zat-zat bersifat organik maka tidak membunuh keseluruhan mikroorganisme, mengingat tidak semua jenis bakteri maupun jamur itu merugikan dan menghambat pertumbuhan tanaman.

Dengan sifat organiknya, pupuk tersebut hanya membunuh mirkoorganisme jahat saja dan membiarkan jamur ataupun bakteri baik, seperti aktinomicetes, fungi, protozoa, alga, virus serta masih banyak lainnya yang bertugas menjaga kondisi fisik maupun biologis tanah agar tetap stabil.

9. Kualitas Tanaman Menjadi Lebih Bagus

Pupuk organik memiliki kandungan mikroorganisme tinggi dan nutrisi lebih lengkap yang sangat dibutukan untuk pekembangan tumbuhan agar bisa berkembang secara maksimal dibandingkan dengan obat-obatan anorganik atau kimia.

Terlebih karena pupuk organik ini memiliki sifat hayati, penggunaannya yang secara berkala dapat meningkatkan produktivitas dan memperpanjang umur tanah, dengan begitu kualitas kandungannya juga meningkat sehingga tanaman pun menjadi lebih subur dan tahan terhadap serangan hama.

Demikianlah ulasan dari BonsaiKita.com mengenai keunggulan pupuk organik lengkap beserta manfaatnya. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangan Anda untuk membuat atau menggunakannya. Namun tetap perhatikan takaran saat pemakaiannya.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News